Warga Karanggayam Gempar, Temukan Prasasti Bersejarah

oleh
Warga setempat bergotong royong sedang mengangkat prasasti bersejarah

Blitar, Memo
Warga Desa Karanggayam Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar gempar. Hal ini atas ditemukan prasasti kuno. Temuan benda purbakala tersebut, mendapatkan perhatian khusus Kepala Desa Karanggayam Edy Sarwono.

Selanjutnya Edy yang biasa dipanggil, menghubungi petugas arkeologi Mojokerto. Hasil penelitian sementara, prasasti dengan tinggi 183cm, lebar 90cm peninggalan Maharaja Sri Bameswara Kediri. Masih penuturan Edy, temuan di ladang Djumari RT2 RW1, benda purbakala yang memilikki nilai terbesar peradaban sejarah kuno. “Pengakuan ahli arkeologi yang memeriksa, prasasti ini yang terbesar dan tertua, “ungkap Edy.

Diperkirakan situs peninggalan masa Raja Bameswara yang memimpin tahun 1117-1130 di Kediri. Namun tidak lepas, Desa Karanggayam memilikki peradapan yang usianya 909 tahun. Nantinya, kepala desa yang dikenal dekat dengan warganya, agar temuan tersebut dilestarikan sebagai situs milik seluruh warga Desa Karanggayam.

loading...

“Kami harapkan, situs ini menjadi milik warga dan disimpan dibalai desa, “imbuh Edy. Perlu diketahui, prasasti tersebut bermotif tulisan jawa kuno. Di sisi depan nampak ornamen tengkorak bertaring sedang menggigit bulan sabit.

Hal inilah yang menjadi perhatian khusus petugas benda purbakala Trowulan Mojokerto. Dengan berbagai ornamen yang termakan usia, namun masih jelas diteliti huruf dan motifnya. Dengan ditemukan situs prasasti purbakala di Desa Karanggayam, Edy selaku pribadi maupun pemerintah desa merasa bangga. Tak pelak, Edy bersama warganya akan melestarikan benda purbakala, sebagai simbul kesucian jiwa peradaban Desa Karanggayam yang luhur dan damai. (pra)

No More Posts Available.

No more pages to load.