Example floating
Example floating
KediriPeristiwa

Tim Wana Rescue Memburu Pendaki Terperangkap di Puncak Watu Bengkah

×

Tim Wana Rescue Memburu Pendaki Terperangkap di Puncak Watu Bengkah

Sebarkan artikel ini
Tim Wana Rescue Memburu Pendaki Terperangkap di Puncak Watu Bengkah
Tim Wana Rescue Memburu Pendaki Terperangkap di Puncak Watu Bengkah

MEMO kediri

Pendakian yang dimulai oleh Jibran dan Rizki di Gunung Klotok, Kediri, pada Sabtu sore berakhir dengan drama ketika mereka tersesat di tebing curam puncak Watu Bengkah. Tim penyelamat dari Wana Rescue menghadapi medan sulit selama 4 jam sebelum menemukan kedua pendaki itu dalam kondisi darurat.

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

Tersembunyi di Gunung Klotok: Pendaki Diselamatkan di Ujung Tanduk!

Jibran dan Rizki mulai pendakian mereka di Gunung Klotok, Kediri, pada Sabtu (10/2) sore. Mereka terperangkap di kawasan tebing curam di puncak Watu Bengkah yang licin dan terjal. Proses pencarian mereka berlangsung selama 4 jam karena medan yang sulit.

Tim penyelamat dari Wana Rescue menemukan mereka dalam kondisi napas tersengal dan kekurangan cairan.

Ketua Wana Rescue, Joko Suprayitno, mengungkapkan bahwa Riski Priyanto (18), seorang siswa SMK di Kecamatan Ngadiluwih, ditemukan dalam keadaan tak sadarkan diri. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan tandu.

“Aji, panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa keduanya mulai pendakian dari Gunung Klotok sekitar pukul 16.00 WIB,” ujar Joko Suprayitno pada hari Minggu (11/2).

Mereka tersesat di tebing sekitar 500 meter dari puncak Watu Bengkah. “Kami menerima laporan sekitar pukul 19.00 WIB melalui akun Instagram @Wana Rescue. Kemudian tim langsung menuju lokasi berdasarkan koordinat yang diterima,” tambahnya.

Risiko dan Keselamatan dalam Mendaki Gunung

Setelah pencarian yang sulit, Riski, yang berasal dari Desa Rembangkepuh, Kecamatan Ngadiluwih, dan temannya Jibran berhasil ditemukan dan dievakuasi. “Kami membagi tim menjadi tiga regu. Setelah mencari selama empat jam, pada pukul 4 pagi, mereka berhasil dievakuasi,” lanjut Aji.

Setelah dievakuasi menggunakan tandu, kedua siswa SMK tersebut mendapatkan pertolongan pertama di dalam mobil ambulans. “Setelah turun, mereka diberi pertolongan pertama di dalam mobil ambulans. Kemudian kami mengantarkan keduanya pulang ke rumah masing-masing. Mereka tiba sekitar pukul 04.30 WIB dalam keadaan yang cukup baik,” paparnya.

Aji menyarankan kepada siapa pun yang hendak mendaki agar mempersiapkan diri dengan baik agar tidak terjebak atau mengalami masalah di perjalanan.

Penyelamatan Dramatis: Pendaki Terperangkap di Gunung Klotok, Kediri, Akhirnya Ditemukan dan Dievakuasi

Keselamatan dan kesiapan menjadi kunci dalam menjalani aktivitas di alam terbuka. Melalui peristiwa ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memperhatikan aspek keselamatan dan persiapan sebelum melakukan pendakian atau kegiatan serupa, sehingga dapat menghindari kejadian yang tidak diinginkan dan memastikan pengalaman yang menyenangkan dan aman di alam bebas.

 

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *