Example floating
Example floating
Kediri

Rahasia Sukses Dalang Muda! Dari Wayang hingga MC Jawa!

×

Rahasia Sukses Dalang Muda! Dari Wayang hingga MC Jawa!

Sebarkan artikel ini
Rahasia Sukses Dalang Muda! Dari Wayang hingga MC Jawa!
Rahasia Sukses Dalang Muda! Dari Wayang hingga MC Jawa!

MEMO kediri

Dalang muda asal Dusun Templek, Eko Prasetyo, membagikan kisah uniknya dalam menggali kecintaan pada seni tradisional, khususnya wayang. Dalam dialog interaktif bersama RRI Kediri, Eko mengungkapkan bagaimana minatnya terhadap kesenian mengantarnya ke panggung-panggung yang beragam, dari mendalang hingga menjadi MC Jawa.

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

Mari kita telusuri lebih lanjut perjalanan dan tantangan yang dihadapi oleh Eko dalam melestarikan kebudayaan Jawa.

Perjalanan Eksklusif: Dalang Muda Templek, Eko Prasetyo, Bicara Kesenian

Dalang, istilah yang berasal dari bahasa Jawa, diambil dari kata “dalang,” yang memiliki akar kata dari bahasa Jawa Kuno, yaitu ḍalaṅ, yang berarti pemain boneka. Dalam konteks seni pertunjukan, seorang dalang diartikan sebagai “Ngudal Piwulang” (membeberkan ilmu), memberikan pencerahan kepada para penontonnya.

Oleh karena itu, seorang dalang harus memiliki pengetahuan yang luas. Dia perlu memahami berbagai bidang ilmu, bahkan jika hanya sebagian kecil, agar dapat mengadaptasi ceritanya dengan perkembangan zaman dan nilai-nilai kontemporer.

Eko Prasetyo, seorang seniman dan dalang muda asal dusun Templek, Desa Gadungan, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, adalah salah satu contoh. Eko mengungkapkan bahwa minatnya terhadap seni tradisional sudah dimulai sejak masa sekolah dasar, dan semakin berkembang ketika dia menempuh pendidikan tinggi di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, khususnya dalam seni wayang.

Dalam dialog interaktif bersama RRI Kediri dalam acara KOPI TAHU pada Senin (13/11), Eko menyampaikan bahwa bakatnya tidak diturunkan dari keluarganya. Meskipun keluarganya menyukai seni tradisional seperti campursari, wayang, dan tayub, mereka hanya sebagai penggemar, sedangkan Eko menjadi seorang pegiat seni.

“Dalam keluarga saya, hanya saya yang diberikan kemampuan dan jalur untuk menjadi seorang dalang,” katanya.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *