Example floating
Example floating
Kediri

Rahasia Kecil Kelurahan Ringinanom: Kesenian Tradisional yang Mempesona!

×

Rahasia Kecil Kelurahan Ringinanom: Kesenian Tradisional yang Mempesona!

Sebarkan artikel ini
Rahasia Kecil Kelurahan Ringinanom: Kesenian Tradisional yang Mempesona!
Rahasia Kecil Kelurahan Ringinanom: Kesenian Tradisional yang Mempesona!

MEMO kediri

Kelurahan Ringinanom, Kampung Seni yang Memukau dengan Kreativitas Seniman Tradisionalnya. Temukan kisah inspiratif Yulianto, seorang pelaku seni yang mendedikasikan diri untuk melestarikan seni tradisional di tengah tantangan zaman.

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

Kisah Perjuangan Yulianto, Pelaku Seni di Kampung Seni Ringinanom

Kelurahan Ringinanom telah dicatat sebagai Kampung Seni karena mayoritas penduduknya memiliki bakat seni, termasuk anak-anak, ibu-ibu, dan para sesepuh yang aktif di bidang seni. Salah satu contohnya adalah Yulianto, seorang seniman tradisional di Ringinanom.

Ia terlibat dalam seni tradisional sejak 2019, dan pada tahun 2020, kelurahan ini diakui sebagai Kampung Seni, memotivasi Yulianto untuk lebih intens terlibat di dunia seni.

Awalnya, Yulianto hanya iseng dan tidak bermaksud terlibat dalam seni. Namun, segalanya berubah saat ia dan warga lainnya memutuskan untuk memainkan gamelan yang sudah lama tidak digunakan. Pengaruh dari sang ayah, seorang seniman, juga membuat Yulianto semakin mencintai seni.

Meskipun menghadapi tantangan sebagai seorang seniman, Yulianto merasa bangga dengan kegiatan seninya saat ini. Dalam dialog di Program KOPI TAHU RRI Kediri pada Senin (20/11), Yulianto berkata, “Menurut saya pribadi, hidup menjadi lebih berwarna ketika saya terjun di dunia seni. Sebagai seorang seniman, kita dituntut untuk selalu berpikir dan mengeluarkan kreativitas.”

Mengintip Keunikan Seni Tradisional Ringin Budoyo: Inspirasi dari Yulianto

Yulianto menekankan pentingnya kreativitas agar seni tradisional tetap diminati oleh masyarakat, khususnya generasi muda. Contohnya, dalam seni ketoprak, bisa diintegrasikan bahasa-bahasa anak muda dan lagu-lagu yang sesuai dengan tren mereka. Namun, Yulianto menegaskan bahwa beberapa unsur, seperti pakaian khas seni ketoprak, tidak boleh diubah.

Berkat usaha Yulianto dalam melestarikan seni tradisional, masyarakat kini mulai mengenal seni tradisional ringin budoyo. Di kelurahan Ringinanom, anak muda sudah diajak untuk belajar alat musik tradisional. Yulianto berharap agar masyarakat semakin mencintai seni, dan para seniman dapat bertahan untuk bersama-sama melestarikan budaya tradisional.

Melangkah Bersama Yulianto: Memelihara Seni Tradisional di Kelurahan Ringinanom untuk Generasi Mendatang

Begitu juga harapannya agar masyarakat terus mencintai seni dan para seniman dapat bertahan. Semua itu, sebagai upaya bersama dalam mempertahankan dan menghormati keberagaman budaya yang menjadi identitas kampung ini.

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *