Purwokerto Percontohan Desa Bersih Narkoba

oleh
Purwokerto Percontohan Desa Bersih Narkoba

Blitar, Memo
Salah satu desa yang menjadi percontohan anti narkoba adalah Desa Purwokerto. Desa yang geografis masuk Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Tak pelak, Purwokerto kini menjadi perbincangan publik. Hal inilah desa yang menjadi duta Pemkab Blitar sebagai desa pelopor bersih tanpa narkoba, (Bersinar).

Baru-baru ini purwokerto telah berhasil membentuk Satgas P4GN. Kepanjangan dari desa Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba.
Keberhasil sebagai desa bebas narkoba tidaklah mudah. Namun atas kerja keras dan dedikasi tinggi Asyhar , selaku kepala desanya.

Dengan gigih kemandirian untuk mewujudkan desa bersih narkoba, berbagai metode dilaksanakan. Mula-mula para anggota Karangtaruna, para pemuda dan kaum melenia desa dikumpulkan diberikan pengetahuan tentang bahayanya narkoba.
Dengan masif sosialisasi lewat medsos, baner hingga stiker digandakan, agar masyarakat melek terhadap bahayanya narkoba dan sejenisnya.

Bukan rahasia umum, bila rumah-rumah penduduk di Desa Purwokerto, fasilitas umum terdapat himbauan desa bebas narkoba alias desa bersinar.Hasil dedikasi tinggi warga yang dipelopori kepala desa dan seluruh perangkatnya, membuahkan hasil sebagai desa percontohan anti narkoba.

“Kami selalu mengupayakan kebersamaan antar masyarakat desa agar bersatu dan menyatakan sikap anti terhadap narkoba. Dimulai dari perilaku para pemuda desa, “ungkap Hunayfi Ashar panggilan kepala Desa Purwokerto.

loading...

Lebih lanjut kepala desa yang notaben relatif muda ini, mengoftimalkan sosialisasi anti narkoba di kalangan kaum melineal desa. Mereka rentan dengan berbagai aspek kenakalan remaja karena mudahnya mengakses berbagai permasalahan lewat medsos.

“Kami inventarisir para melenial desa, sebagai pelopor gerakan anti Narkoba mulai tingkat RT dan RW. Sehingga, pencegan utama dari masing-masing remaja, ditularkan ke keluarganya dan temanya. “tandasnya.

Selain dilakukan sosialisasi intensif, program pembangunan desa, padat karya selalu melibatkan para tokoh agama, tokoh masyarakat desa serta tokoh pemudanya. Hal inilah sebagai modal guyub-rukun, bersatu dalam memajukan desa.

“Kalau kaum melenialnya, pemudanya yang tidak lagi belajar formal, kami selalu menekankan kegiatan dan program yang bisa dijalankan para warga, kami selalu libatkan. Agar kemajuan sebuah desa, tanggungjawab kita bersama sebagai warga desa yang bangga akan kemajuan desanya. Apalagi desa kami telah menjadi pelopor desa anti narkoba, “imbuh hunayfi.

Dengan dibentuknya P4GN bekerja sama dengan BNN Kabupatem Blitar, diharapkan Desa Purwokerto menjadi desa teladan soal pencegahan dan pemberantasan narkoba. Sehingga Desa Purwokerto benar benar mewujudkan desa Bersinar, Bersih Narkoba. (fan)

No More Posts Available.

No more pages to load.