Example floating
Example floating
Kediri

Perikanan Lele sebagai Pendorong Utama Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Kediri

×

Perikanan Lele sebagai Pendorong Utama Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Kediri

Sebarkan artikel ini

MEMO, Kediri – Perikanan lele telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kediri. Dengan nilai ekonomi yang fantastis, bisnis lele dan produk turunannya mampu menghasilkan perputaran uang mencapai Rp 250 miliar setiap tahun. Pemerintah kabupaten menunjukkan komitmen khusus dalam mengembangkan sektor perikanan lele dan siap bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkuat sektor tersebut.

Nilai Ekonomi Fantastis: Perputaran Uang Mencapai Rp 250 Miliar Setiap Tahun

Sektor perikanan, khususnya budidaya lele, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perputaran uang di Kabupaten Kediri. Nilai ekonominya juga luar biasa. Dalam satu tahun, bisnis lele dan produk turunannya mampu menghasilkan perputaran uang hingga mencapai Rp 250 miliar!

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

Bupati Hanindhito Himawan Pramana menyatakan, “Dengan nilai ekonomi sebesar Rp 250 miliar per tahun, tentu kami tidak akan mengabaikannya.” Pada acara Tebar Benih dan Panen Lele Sistem Sirkulasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, beliau mengungkapkan perhatian khusus pemerintah kabupaten terhadap pengembangan sektor perikanan, terutama komoditas ikan lele. Pemerintah kabupaten akan terus terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak demi meningkatkan sektor tersebut.

Bupati Dhito berharap adanya kerja sama yang baik antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan pemerintah kabupaten. Dengan demikian, upaya pengembangan perikanan lele di Kabupaten Kediri dapat semakin ditingkatkan.

“Kami akan terus berupaya dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk pengembangan ini,” tegas Dhito, Bupati Kabupaten Kediri.

Acara tersebut diadakan di Republik Lele, lokasi pembibitan, pembesaran, dan penjualan lele. Selain Bupati Dhito, acara juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur dan pejabat dari forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), termasuk Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho dan Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra. Selama acara tersebut, para undangan yang hadir juga berpartisipasi dalam kegiatan pemanenan dan penyebaran benih ikan lele.

Selain itu, terungkap pula bahwa pasar ikan lele memiliki potensi yang sangat luas, tidak hanya di Jawa Timur, tetapi juga di luar Jawa. Banyak warung makan yang langsung mengambil ikan lele dari para peternak di Jawa Timur.

Selain manfaat ekonomi yang ditawarkan, ikan lele juga diakui memiliki nilai gizi yang tinggi dan berkontribusi dalam upaya mengatasi masalah stunting pada anak-anak. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten mendukung penggunaan produksi ikan air tawar tersebut.

“Dengan ikan lele, tidak hanya bisa dikonsumsi langsung, tetapi juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan agar anak-anak tidak merasa bosan,” ujar Bupati Dhito.

Perikanan lele telah menjadi kekuatan penggerak utama dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kediri. Dengan nilai ekonomi yang mencapai Rp 250 miliar setiap tahun, sektor ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perputaran uang di daerah tersebut. Pemerintah kabupaten menunjukkan kepedulian khusus terhadap pengembangan sektor perikanan, terutama dalam budidaya ikan lele.

Kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan pemerintah kabupaten menjadi kunci untuk meningkatkan pengembangan perikanan lele di wilayah tersebut. Selain itu, manfaat dari perikanan lele tidak hanya terbatas pada aspek ekonomi, tetapi juga memiliki dampak positif dalam mengatasi masalah stunting pada anak-anak. Dukungan pemerintah kabupaten untuk memanfaatkan produksi ikan air tawar ini menunjukkan komitmen mereka dalam memperbaiki kesehatan anak-anak. Dengan pasar yang terbuka luas, baik di Jawa Timur maupun di luar Jawa, perikanan lele di Kabupaten Kediri memiliki potensi untuk terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat setempat.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *