Example floating
Example floating
Blitar

Pemulangan PMI Asal Blitar Yang Terseret Banjir Hongkong Butuh Waktu

×

Pemulangan PMI Asal Blitar Yang Terseret Banjir Hongkong Butuh Waktu

Sebarkan artikel ini

Blitar, Memo

Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Desa Ringinanom, Kecamatan Udanawu,Kabupaten Blitar menjadi korban banjir bandang di Hongkong. PMI tersebut pun meninggal dunia, proses pemulangan pun diprediksi membutuhkan waktu hingga 1 bulan lamanya.

Saat ini Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kabupaten Blitar masih menunggu berita resmi dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) mengenai kematian WNI dalam bencana banjir bandang yang terjadi di hongkong tersebut. Sejalan dengan hal itu, Dinasker juga mencari informasi dan koordinasi dengan perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia (P3MI) yang ada di Surabaya

“Kami juga langsung mengecek ke keluarga korban pada Senin (11/9). Pihak keluarga juga membenarkan kejadian tersebut. Korban bernama Dedik Irawan berusia 33 tahun, warga Desa Ringinanom, Kecamatan Udanawu,” kata Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kabupaten Blitar, Tavip Wiyono, Senin (18/09/23).

Disnaker Kabupaten Blitar pun masih menunggu surat resmi dari KJRI terkait pemulangan jenazah PMI yang bekerja di Hongkong tersebut. Lamanya proses pemulangan itu lantaran ada sejumlah administrasi yang harus dilalui sehingga tidak bisa langsung dipulangkan ke kampung halaman.

“Maka dari itu, tidak bisa sesimpel memulangkan jenazah dari luar kota,” imbuh Tavip.

Dalam prosesnya Disnaker akan mengirim dokumen administrasi berisi profil PMI meninggal dari KJRI untuk konfirmasi. Jika benar, KJRI bakal menindaklanjuti hal itu dengan mengirim surat ke rumah sakit di Hongkong untuk kepentingan pemulangan jenazah.

“KJRI akan berkoordinasi dengan agen yang memberangkatkan korban bekerja ke Hongkong. Hal ini untuk proses pemulangan jenazah ke indonesia lewat bandara. Namun, kami belum bisa memastikan waktu pemulangan jenazah,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *