Example floating
Example floating
Kediri

Pemilu 2024: Rahasia Sukses KPU Kota Kediri Memikat Pemilih!

×

Pemilu 2024: Rahasia Sukses KPU Kota Kediri Memikat Pemilih!

Sebarkan artikel ini
Pemilu 2024: Rahasia Sukses KPU Kota Kediri Memikat Pemilih!
Pemilu 2024: Rahasia Sukses KPU Kota Kediri Memikat Pemilih!

MEMO kediri

Dalam menyongsong Pemilihan Umum 2024, Kota Kediri memproyeksikan diri sebagai kontributor suara utama dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 46 persen. Dengan fokus pada pemilih pemula berusia 17-30 tahun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri intensif dalam melakukan sosialisasi.

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

Menurut M. Wahyudi, anggota Divisi Komisioner KPU, keterlibatan pemilih pemula, yang mencapai 46 persen dari DPT, menjadi faktor penentu dalam proses demokratisasi Pemilu mendatang.

Strategi Pemuda: KPU Kota Kediri Sasar Generasi Muda untuk Pemilu 2024

Dalam perhelatan demokrasi tahun 2024, diprediksi akan menjadi penyumbang suara terbanyak, terutama di Kota Kediri dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 46 persen. Angka tersebut dapat dianggap signifikan dan memiliki peran penting dalam menentukan keterwakilan pemilih pemula pada Pemilu 2024 mendatang.

Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri terus memfokuskan upaya sosialisasi pada kelompok pemilih pemula dengan rentang usia 17-30 tahun di wilayah tersebut. Proses sosialisasi ini telah dilaksanakan sejak tahap awal pemilu.

M. Wahyudi, anggota Divisi Komisioner KPU Kota Kediri, menjelaskan bahwa minimal 46 persen dari DPT Kota Kediri merupakan pemilih pemula, yaitu individu yang baru pertama kali berpartisipasi dalam proses pemilihan politik lima tahun sekali.

“Pada saat ini, kita sedang memfokuskan diri pada pemilih pemula atau pemilih muda,” ungkap Wahyudi pada Senin, (20/11).

Optimalkan Keterlibatan Pemilih Pemula dengan Film Pendidikan Demokrasi

Menurut Wahyudi, pemilih pemula memerlukan pencerahan agar dapat menjadi pemilih yang berkualitas. Pelajar yang saat ini berada di kelas tiga SMA dan sekelasnya termasuk dalam kategori pemilih pemula. Sebagai bagian dari peningkatan pemahaman tentang pemilu, KPU Kota Kediri juga aktif dalam pendidikan politik di berbagai sekolah.

“Kami dibantu dengan kegiatan kurikulum merdeka yang memiliki tema suara demokrasi dari setiap sekolah. Sehingga mereka sering berkomunikasi dan bekerja sama dengan kami untuk memberikan sosialisasi kepada siswa-siswanya,” jelasnya.

Selain itu, Wahyudi menambahkan bahwa selama proses edukasi berlangsung dan menyasar kelompok anak muda, pihaknya selalu menyesuaikan pola sosialisasi yang diberikan. Salah satu metodenya adalah dengan menggunakan media film untuk memperkenalkan konsep demokrasi kepada anak muda. “Film ini mengincar segmen anak muda yang menyukai menonton film, khususnya film yang membahas tentang demokrasi. Harapannya, melalui film ini, mereka dapat sadar dan mau berperan aktif dalam proses pemilihan,” tambahnya.

Optimalkan Keterlibatan Pemilih Pemula: Strategi KPU Kota Kediri Menjelang Pemilu 2024

Dalam upaya meningkatkan kualitas pemilih pemula, KPU Kota Kediri menggencarkan sosialisasi dengan pendekatan yang dinamis. Fokus utama pada kalangan pelajar SMA melibatkan pendidikan politik melalui kegiatan kurikulum merdeka dengan tema suara demokrasi.

Dengan kerja sama aktif bersama sekolah-sekolah, KPU berhasil memanfaatkan media film sebagai alat efektif untuk mengkomunikasikan nilai-nilai demokrasi kepada generasi muda. Kesadaran pemilih pemula diharapkan dapat terpicu, mendorong partisipasi aktif dalam proses pemilihan, seiring Kota Kediri bersiap menjadi pilar demokrasi yang kokoh.

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *