Example floating
Example floating
Kediri

Pemantauan Harga Pangan dan Tindakan Pemkot Kediri Jelang Idul Adha

×

Pemantauan Harga Pangan dan Tindakan Pemkot Kediri Jelang Idul Adha

Sebarkan artikel ini
Pemantauan Harga Pangan dan Tindakan Pemkot Kediri Jelang Idul Adha
Pemantauan Harga Pangan dan Tindakan Pemkot Kediri Jelang Idul Adha

MEMO kediri

Stabilitas harga pangan di pasar tradisional Kota Kediri jelang Hari Raya Idul Adha 2024 masih menjadi sorotan utama. Tim Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri terus memantau perkembangan harga komoditas untuk mengendalikan inflasi menjelang perayaan keagamaan ini. Meskipun ada beberapa kenaikan harga, seperti beras dan cabai, langkah-langkah telah diambil oleh Pemerintah Kota Kediri untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan melalui Operasi Pasar (OP) dan Gerakan Pasar Murah (GPM).

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

Harga Pangan Kota Kediri Jelang Idul Adha 2024

Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2024, harga berbagai jenis komoditas pangan di pasar tradisional Kota Kediri masih tetap stabil. Tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri melakukan pemantauan harga komoditas pangan ini di Pasar Setono Betek.

Moh Ridwan, yang menjabat sebagai Kepala DKPP Kota Kediri, menjelaskan bahwa kegiatan pemantauan harga komoditas pangan ini dilakukan untuk mengawasi inflasi menjelang hari raya keagamaan.

“Saat ini, hasil survei harga masih dalam kondisi yang cukup aman. Meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, namun masih dalam batas yang dapat diterima, artinya belum ada alasan untuk menjadi terlalu waspada,” ujar Moh Ridwan pada hari Selasa, tanggal 11 Juni 2024.

Dari hasil pemantauan, terlihat beberapa komoditas mengalami penurunan harga, seperti daging ayam ras yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 31.528 kini menjadi Rp 31.194. Sedangkan harga eceran tertinggi (HET) untuk komoditas ini adalah Rp 36.750. Begitu juga dengan harga bawang merah yang turun dari Rp 36.889 menjadi Rp 36.722 (dengan HET Rp 41.500), cabai rawit merah dari Rp 39.157 menjadi Rp 37.611 (dengan HET Rp 57.000), kentang dari Rp 19.333 menjadi Rp 19.000, serta tomat dari Rp 12.667 menjadi Rp 12.500.

“Sementara itu, harga telur ayam ras tetap stabil di angka Rp 26.472, dan harga daging sapi juga belum mengalami perubahan, masih tetap Rp 106.667,” tambahnya.

Stabilitas Harga dan Langkah Pemkot Kediri Menjelang Hari Raya

Namun, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, di antaranya beras medium dari Rp 12.023 menjadi Rp 12.068 (dengan HET Rp 12.500), bawang putih bonggol dari Rp 38.000 menjadi Rp 38.500 (dengan HET Rp 32.000), cabai merah besar dari Rp 47.500 menjadi Rp 52.167 (dengan HET Rp 55.000), serta cabai merah keriting dari Rp 44.555 menjadi Rp 47.049 (dengan HET Rp 55.000).

“Meskipun menjelang Hari Raya Idul Adha beberapa komoditas mengalami kenaikan harga, namun kenaikannya relatif kecil. Hanya minyak goreng curah yang menjadi perhatian karena harganya sudah melebihi HET sebesar 10 persen,” terangnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Kediri segera mengambil langkah untuk mengontrol harga melalui Operasi Pasar (OP) dan Gerakan Pasar Murah (GPM).

Selain melakukan pemantauan di pasar tradisional, tim DKPP juga melakukan pemantauan di lima swalayan di Kota Kediri. Dari hasil pemantauan ini, terlihat bahwa ketersediaan pangan, khususnya beras dan gula, di Kota Kediri mencukupi untuk dua bulan ke depan.

“Kami bersyukur karena stok beras dan gula sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Kediri,” ucapnya.

Masyarakat diimbau untuk tidak panik dalam menyambut Hari Raya Idul Adha dan tidak melakukan pembelian berlebihan karena ketersediaan pangan di Kota Kediri masih mencukupi.

“Adanya pasar grosir dan konsumen di Kota Kediri sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, sehingga tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan,” pungkasnya.

Stabilitas Harga Pangan Jelang Idul Adha 2024: Pemantauan dan Langkah Pemkot Kediri

Dari hasil pemantauan harga komoditas pangan di pasar tradisional dan swalayan, terlihat bahwa menjelang Hari Raya Idul Adha 2024, harga sejumlah komoditas pangan di Kota Kediri masih relatif stabil. Meskipun ada beberapa kenaikan harga, seperti beras dan cabai, namun kenaikannya relatif kecil. Langkah-langkah yang telah diambil oleh Pemerintah Kota Kediri, seperti Operasi Pasar (OP) dan Gerakan Pasar Murah (GPM), membantu menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang perayaan keagamaan ini. Dengan demikian, tidak ada kekhawatiran berlebihan terkait ketersediaan pangan di Kota Kediri menjelang Hari Raya Idul Adha.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *