Example floating
Example floating
KediriPolitik Birokrasi

Pelantikan PKD di Pemilukada Kabupaten Kediri Akan Berlangsung di Kecamatan Masing-masing, Begini Alasan Bawaslu,,,

×

Pelantikan PKD di Pemilukada Kabupaten Kediri Akan Berlangsung di Kecamatan Masing-masing, Begini Alasan Bawaslu,,,

Sebarkan artikel ini

Kediri-Tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Serentak yang sejatinya akan digelar pada 27 Nopember 2024, Badan Pengawas Pemilu, (Bawaslu) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, melangsungkam persiapan pelantikan seluruh Pengawas Kelurahan/Desa (PKD).

Siswo Budi Santoso, Anggota Komisioner Bawaslu Kabupaten Kediri Bidang Partisipasi dan Hubungan Masyarakat mengatakan, ada 344 anggota PKD di 26 kecamatan akan dilantik secara resmi pada tanggal 2 Juni 2024 di kantor Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan masing-masing se-Kabupaten Kediri.

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

“Pelantikannya di kecamatan masing-masing serentak besok pada hari Minggu tanggal 2 Juni 2024,”katanya saat dikonformasi memo.co.id di Kantor Bawaslu Kabupaten Kediri, Sabtu,(1/6/2026).

Kenapa tidak dijadikan satu saat pelantikan PKD tersebut, pria yang juga pernah berprofesi jurnalis ini menegaskan akan keterbatasan tempat kegiatan mengingat jumlah dari yang akan dilantik dan juga lebih memberikan peran kepada Panwas Kecamatan, (Panwascam), sebagai penyelenggara Pemilukada.

“Ini juga bagian dari tugas mereka agar mereka bisa bergerak cepat menyesuaikan akan tugasnya,”urainya.

Selain itu, Siswo Budi juga menjelaskan alasan pelaksanaan pelantikan PKD di kecamatan masing-masing, dikarenakan luas wilayah Kabupaten Kediri yang menyebabkan pertimbangan efektifitas jarak tempuh dan waktu apabila lokasinya dijadikan satu tempat.

“Misal ada yang dari ujung Timur maupun ujung Barat kabupaten akan bisa menempuh satu jam perjalanan, ini jelas tidak efektif,”tandasnya.

Terpisah, M Syaifudin Zuhri Ketua Komisioner Bawaslu Kabupaten Kediri, berharap seluruh anggota PKD yang akan dilantik dapat bekerja dengan dedikasi yang totalitas untuk menjaga integritas proses pemilu di Kabupaten Kediri.

“Pemilu yang jujur dan adil harus kita jaga di Kabupaten Kediri,” tegasnya.

Syaifudin Zuhri memgatakan pihaknya bersama komisioner yang lain akan berbagi tugas dalam monitoring pelaksanaan pelantikan PKD tersebut.

“Insya Alloh saya nanti di Kecamatan Mojo bertempat di gedung pertemuan Desa Mlati,”pungkasnya.

Tahapan Pemilukada serentak 2024 di Kabupaten Kediri telah berlangsung lancar dan aman untuk menyelenggarakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri, dimana sudah muncul beberapa kandidat seperti Deny Widyanarko pemilik perusahaan rokok yang akan menantang calon incumbent Bupati Hanindito Pramana Putra atau lebih dikenal dengan Mas Dito.(Hamzah)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *