Example floating
Example floating
KediriPolitik Birokrasi

Pasar Buah Banyakan Terancam! Penyelesaiannya Mengejutkan Bikin Geger!

×

Pasar Buah Banyakan Terancam! Penyelesaiannya Mengejutkan Bikin Geger!

Sebarkan artikel ini
Langkah Strategis Pemindahan Pasar Buah Banyakan di Tengah Proyek Tol
Langkah Strategis Pemindahan Pasar Buah Banyakan di Tengah Proyek Tol

MEMO kediri

Pemindahan Pasar Buah Banyakan akibat proyek Tol Kediri-Kertosono menjadi sorotan utama di Kabupaten Kediri. Tim Badan Pertanahan Nasional dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman telah mengukur aset pasar yang terdampak, memicu pertanyaan tentang nasib pedagang dan relokasi ke lokasi baru di sebelah barat. Inilah update terbaru mengenai langkah-langkah strategis pemerintah dalam menghadapi perubahan ini.

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

Langkah Strategis Pemindahan Pasar Buah Banyakan di Tengah Proyek Tol

Pemindahan Pasar Buah Banyakan sudah menjadi kenyataan yang nyata. Pedagang dari pasar yang terdampak proyek Tol Kediri-Kertosono akan dipindahkan ke lokasi baru di sebelah barat. Hari ini, tim dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kediri dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) melakukan pengukuran tanah yang terkena dampak proyek nasional tersebut untuk menentukan nilai penggantian aset.

Informasi yang kami peroleh mengungkapkan bahwa rombongan tiba di Pasar Buah Banyakan sekitar pukul 11.00. Tim langsung melakukan pengukuran aset Pasar Buah Banyakan, termasuk tanah dan beberapa bangunan.

Sesuai ketentuan, tanah dan bangunan yang terkena dampak proyek pemerintah akan digantikan dengan yang serupa. Oleh karena itu, pengukuran hari ini sangat vital untuk menentukan nilai penggantian tersebut.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten Kediri, Sukadi, yang kami konfirmasi mengenai pengukuran aset Pasar Buah Banyakan, mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut. “Benar, siang ini (kemarin, Red) dilakukan pengukuran untuk aset Pasar Buah Banyakan,” ujar Sukadi.

Sayangnya, Sukadi belum dapat memastikan jumlah kios atau lapak yang terkena dampak. Meskipun begitu, berdasarkan gambaran awal peta Tol Kediri-Kertosono, hanya sebagian wilayah pasar yang terdampak.

Meskipun demikian, pemindahan akan dilakukan untuk seluruh pedagang pasar. Oleh karena itu, pengukuran hari ini dilakukan secara menyeluruh, tidak hanya pada bagian pasar yang terkena dampak.

Mengenai nasib pedagang, Sukadi menyatakan bahwa mereka semua akan dipindahkan ke lokasi baru. Lokasi relokasi masih belum dipastikan hingga kemarin. “Semuanya sedang disiapkan oleh pemkab dengan matang,” tambahnya.

Meskipun Sukadi belum merinci lokasi secara detail, sumber kami menyebutkan bahwa Pasar Buah Banyakan yang baru akan terletak tidak jauh dari lokasi lama, sekitar dua kilometer, di jalur Kediri-Nganjuk, tepat di sisi utara jalan, di lahan lapangan futsal yang masih beroperasi hingga sekarang. “Harganya (lahan di lapangan futsal, Red) sudah disepakati,” ungkap sumber kami, sambil menyebutkan bahwa uang ganti rugi akan segera diserahkan dalam waktu dekat.

Proses Pengukuran Aset dan Persiapan Pemindahan Pedagang yang Intensif

Pembangunan Pasar Buah Banyakan dijadwalkan akan segera dilakukan. Sesuai ketentuan, lokasi relokasi harus sudah siap sebelum Tol Kediri-Kertosono dibangun.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Kediri, Tutik Purwaningsih, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan kajian lapangan terkait pemindahan pedagang Pasar Buah Banyakan. Pekan lalu, pemkab bersama jasa marga juga telah mengecek kondisi pasar sebelum pemindahan dilakukan.

Tutik belum dapat menyebutkan secara pasti kapan pemindahan akan dilakukan, karena semuanya masih dalam proses. Pemindahan pedagang ke lokasi baru juga melibatkan banyak pihak, terutama karena ada 75 pedagang buah yang akan direlokasi.

Tutik menjelaskan bahwa untuk memastikan pemindahan berjalan lancar, koordinasi terus ditingkatkan, termasuk dengan pedagang pasar.

Meskipun waktu pemindahan belum dipastikan, Tutik menyebutkan bahwa sesuai rencana proyek tol yang akan direalisasikan awal tahun depan, lokasi Pasar Buah Banyakan lama harus sudah kosong pada akhir tahun ini. “Kalau (lokasi, Red) pengganti atau sebagainya masih kita matangkan lagi,” tambahnya.

Solekah, seorang pedagang mangga di Pasar Buah Banyakan, yang berusia 45 tahun, mengaku sudah mendengar rencana pemindahan. Namun, hingga kemarin, dia masih belum mengetahui lokasi baru. “Kapan akan dipindah juga belum tahu,” ujar perempuan tersebut, sambil berharap agar lokasi relokasi tetap dekat dengan jalan raya untuk memudahkan konsumen atau pelanggan yang mencari lapak baru. “Semoga tetap dekat di jalan raya,” harapnya.

Antisipasi Dampak Tol Kediri-Kertosono: Strategi Pintar Pemindahan Pasar Buah Banyakan

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri, Tutik Purwaningsih, menegaskan bahwa kajian lapangan telah dilakukan untuk memahami kondisi pasar sebelum pemindahan. Koordinasi intensif dengan pedagang menjadi fokus utama guna memastikan proses relokasi berjalan lancar.

Sementara itu, pedagang seperti Solekah mengungkapkan ketidakpastian terkait lokasi baru, sementara proses pemindahan diyakini harus selesai akhir tahun ini, sesuai rencana realisasi proyek Tol Kediri-Kertosono yang dimulai awal tahun depan.

 

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *