Example floating
Example floating
Kediri

Meriahkan Hari Jadi Ke-1145 Kota Kediri Grup Jaranan Joko Mbalelo Raih Juara 1 Di Ajang Festival Jaranan

×

Meriahkan Hari Jadi Ke-1145 Kota Kediri Grup Jaranan Joko Mbalelo Raih Juara 1 Di Ajang Festival Jaranan

Sebarkan artikel ini

Kediri, MEMO

Kelompok jaranan atau kuda lumping ‘Joko Mbalelo’ asal Kelurahan Pakelan Kecamatan Kota, Kota Kediri, berhasil menyabet Trophy Juara 1,(satu) di ajang Festival Jaranan yang menjadi bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-1145 Kota Kediri, berlangsung dua gelaran yakni Minggu,(30/6/2024) dan Minggu,(7/7/2024), di halaman objek wisata andalan kota Tahu, yakni Gua Selomangleng, Kota Kediri.

Selain Trophy, anak asuh Bagas Putra,(24), ini membawa pulang piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp 12 Juta dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga,(Disparpora) Kota Kediri.


Zachrie Ahmad, akrab disapa Ayik,, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, memberikan apresiasi tinggi terhadap para peserta.

“Festival Jaranan Kita Kediri kali ini menunjukkan betapa kaya dan beragamnya budaya kita. Kreativitas, musik gamelan, dan kekompakan peserta benar-benar mengesankan,” paparnya, Minggu,(7/7/2024).

Dikatakannya, di Kota Kediri sebenarnya ada 150 kelompok jaranan yang telah mempunyai nomor induk keanggotaan.

Namun seiiring waktu, diperkirkan tersisa puluhan yang masih eksis berkreasi.

“Maka itu kita sepakat bersama tokoh jaranan dalam event kali ini masing-masing kecamatan mengirimkan dutanya dua grup saja,”katangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *