Manfaat dan Kandungan Buah Merah Dalam King Pandanus

oleh
Manfaat dan Kandungan Buah Merah Dalam King Pandanus

Kediri, Memo
Secara tradisional, buah merah digunakan oleh masyarakat Papua sebagai penyedap makanan yang bernilai gizi tinggi karena mengandung beta-karoten, pewarna alami yang tidak mengandung logam berat dan mikroorganisme berbahaya.

Matelda Kurniaty Roreng, S.TP, M.Si, seorang dosen di Univesitas Papua dalam kesempatan wawancara virtual beberapa waktu lalu kepada redaksi kami menjelaskan, pemanfaat buah merah oleh masyarakat setempat juga difungsikan sebagai penunjang makanan pokok sehari-hari dan sebagai obat berbagai penyakit, yaitu kanker, HIV, malaria, kolesterol, diabetes melitus, asam urat dan osteoporosis.

Buah merah Papua mengandung senyawa bermanfaat untuk kesehatan tubuh di antaranya antioksidan dari golongan karotenoid, alfa tokoferol, beta cryptoxantin, asam linoleat, asam palminat, asam oleat, lipid dan karbohidrat.

loading...

Karotenoid termasuk dalam keluarga antioksidan yang dapat melindungi Anda dari berbagai risiko penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Alfa tokoferol atau vitamin E adalah jenis vitamin yang berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit, kesuburan organ reproduksi, mata, sel darah, dan otak.

Beta Cryptoxanthin sebagai salah satu kandungan yang dapat berubah menjadi vitamin A, membuat manfaat beta cryptoxanthin sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Beta cryptoxanthin mampu menyumbang jumlah vitamin A sebesar 1/24 di dalam tubuh.yang bekerja berdampingan dengan alpha karoten dan beta karoten sebagai provitamin A.

No More Posts Available.

No more pages to load.