Lulusan ITB Antar Siswa Kota Kediri Prestasi Robotik Nasional

oleh
Lulusan ITB Antar Siswa Kota Kediri Prestasi Robotik Nasional

Kediri, Memo
Mengiringi perjalanan kompetisi robotik anak didiknya, Julian Sahertia memoles potensi Alfareza Firdausy dan Bintang Gema, tim robotik dari MTs Negeri 2 Kota Kediri. Buah dari sabar dan ketelatenannya berhasil mengantarkan kedua siswa tersebut menjadi juara 1 Kompetisi Robotik Tingkat Nasional.

Julian memilih menjadi guru robotik berawal dari rasa penasaran dan ingin membantu asah potensi robotik siswa di daerah. Mulai mengajar ekstrakulikuler robotik sejak tahun 2018, lulusan Teknik Informatika ITB ini telah mengantarkan para “ilmuwan cilik” pada kejuaraan serupa.

“Setelah berjalan sekian tahun, ternyata anak-anak di Kota Kediri cukup berpotensi dan mampu bersaing dengan kota-kota lain. Saat ekskul, siswa telah dibekali dasar-dasar robotik. Sehingga saat mulai mendaftar kompetisi, mereka hanya fokus pada persiapan lomba, “jelas Julian.

Selain di MTsN 2 Kota Kediri, ia juga mengajar di madrasah Kota Kediri lainnya yang memiliki ekstrakulikuler Robotik. Ia pun memiliki lembaga pembelajaran “Ruang Robot”.

loading...

Saat berlomba di Kompetisi Robotik tersebut, banyak tantangan dan tekanan yang anak didiknya hadapi saat bersaing dengan 30 kontestan lainnya dari seluruh Indonesia. Siswa kelas 8 ini harus membuat ulang program sesuai misi yang disediakan, di ruangan tersendiri tanpa didampingi guru dan pelatih.

“Jadi kemarin apa yang sudah dipersiapkan di sekolah seperti latihan di track yang disiapkan, software, itu berbeda jauh dengan di lokasi lomba. Waktu di sana, mereka harus memprogram ulang robot itu dari awal,” ujar Julian.

Pembagian tim dan manajemen waktu juga menjadi faktor yang mempengaruhi keberhasilan Reza dan Bintang. Dalam waktu 3 jam, mereka terus melakukan ujicoba lintasan dan harus menuntaskan misi untuk penilaian keesokan harinya.

Rebutan lintasan pun tak terelakkan, karena dari panitia hanya menyediakan 2 lintasan uji coba.

No More Posts Available.

No more pages to load.