Example floating
Example floating
Peristiwa

Kontribusi BRI dalam Mendorong Perekonomian Desa Burong Mandi

×

Kontribusi BRI dalam Mendorong Perekonomian Desa Burong Mandi

Sebarkan artikel ini

MEMO, Jakarta – Masyarakat di Desa Burong Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, semakin merasakan manfaat dari kontribusi Bank BRI dalam mendorong perekonomian dan mengembangkan potensi daerah mereka. Melalui Program Desa BRILian, BRI telah memberdayakan masyarakat setempat, meningkatkan kualitas produk UMKM, serta membuka peluang pasar yang lebih luas. Desa Burong Mandi, yang terletak di daerah pegunungan dan pesisir pantai, berhasil mengoptimalkan potensi alamnya untuk menghasilkan produk unggulan dari sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan.Produk UMKM Berkualitas:

Hasil Nyata Kontribusi BRI di Desa Burong Mandi

Masyarakat Desa Burong Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah berhasil meningkatkan produktivitas ekonomi perdesaan mereka melalui kontribusi dan upaya nyata dari BRI. Salah satu program yang memberikan dampak positif adalah Program Desa BRILian yang diikuti oleh Desa Burong Mandi. Dengan dukungan BRI, UMKM di desa tersebut telah dibina dan diberdayakan, serta mendapatkan akses lebih luas dalam pemasaran produk mereka.

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

Nurdiansyah, Direktur BUMDes Maju Bersama Burong Mandi, mengungkapkan bahwa sejak bergabung dengan Desa BRILian, banyak program yang masuk ke desa mereka. Program-program ini mencakup pengembangan produk UMKM, seperti pengemasan yang baik untuk meningkatkan daya tarik produk dan pemasaran digital. Masyarakat juga mendapatkan fasilitas inklusi keuangan seperti BRILink yang memudahkan transaksi. Program Desa BRILian yang hadir sejak 2020 bertujuan untuk mewujudkan ketahanan ekonomi dengan memperkuat potensi desa melalui aktifitas BUMDes, digitalisasi, keberlanjutan, dan inovasi.

Desa Burong Mandi, yang terletak di daerah pegunungan dan pesisir pantai, memiliki potensi wisata dengan komoditas unggulan dari hasil pertanian dan perikanan. Melalui Program Desa BRILian, masyarakat desa tersebut dibina dalam mengolah dan menjual produk alam yang sudah bernilai tambah.

BUMDes Maju Bersama Burong Mandi menghasilkan produk olahan perkebunan seperti sayuran, buah, kerupuk olahan ikan tenggiri, pisang sale, madu, hingga pempek. Nurdiansyah mencatat peningkatan penjualan produk UMKM setelah desanya dibina melalui Desa BRILian. Kualitas produk terjaga dan menarik, sementara pasar semakin meluas.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *