Example floating
Example floating
Kediri

Kemajuan Teknologi dalam Pelayanan Kesehatan: RSU Ratih Kota Kediri Dianugerahi Penghargaan atas Sistem Antrean Online JKN

×

Kemajuan Teknologi dalam Pelayanan Kesehatan: RSU Ratih Kota Kediri Dianugerahi Penghargaan atas Sistem Antrean Online JKN

Sebarkan artikel ini

MEMO, Kediri – Direktur Teknologi Informasi (TI) BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan, melakukan peninjauan langsung terhadap implementasi sistem antrean online di Rumah Sakit Umum (RSU) Ratih Kota Kediri. Sistem antrean online ini diharapkan dapat meningkatkan akses dan mutu layanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Administrasi Rumah Sakit Terbantu dengan Sistem Antrean Online, Peserta JKN Mendapatkan Layanan Tanpa Antre Lama

Direktur Teknologi Informasi (TI) BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan, melakukan peninjauan langsung terhadap implementasi sistem antrean online di Rumah Sakit Umum (RSU) Ratih Kota Kediri pada hari Senin, 26 Juni. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memastikan bahwa sistem pendaftaran pelayanan melalui layanan digital Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Fasilitas Kesehatan (Faskes) berjalan dengan baik. Edwin menjelaskan bahwa dengan adanya sistem antrean online, peserta JKN akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

Edwin menyatakan bahwa sistem antrean online ini merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan. Melalui sistem ini, layanan JKN yang mudah, cepat, dan setara dapat dinikmati oleh seluruh peserta JKN, sesuai dengan Transformasi Mutu Layanan JKN yang sedang dilakukan.

Penting untuk diketahui bahwa sistem antrean online JKN terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN. Oleh karena itu, peserta JKN perlu mengunduh Aplikasi Mobile terlebih dahulu agar dapat mengakses pendaftaran pelayanan melalui antrean online di Fasilitas Kesehatan. Menurut Edwin, dengan memanfaatkan antrean online, peserta JKN yang membutuhkan pelayanan kesehatan dapat mendaftar dari mana saja dan kapan saja.

Untuk mengakses antrean online, peserta dapat mengunduh Aplikasi Mobile JKN melalui Playstore untuk perangkat berbasis Android, atau melalui Appstore untuk perangkat berbasis iOS. Edwin menjelaskan bahwa proses ini sangat mudah dan sederhana. Dengan adanya integrasi dengan Aplikasi Mobile JKN, peserta dapat mengambil nomor antrean dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu menunggu lama di Fasilitas Kesehatan.

Di dalam Aplikasi Mobile JKN, peserta dapat memilih fitur Pendaftaran Pelayanan (Antrean) untuk mengakses antrean online. Terdapat dua menu yang tersedia, yaitu Faskes Tingkat Pertama dan Faskes Rujukan Tingkat Lanjutan. Peserta dapat memilih sesuai dengan kebutuhan mereka. Pada menu Faskes Tingkat Pertama, peserta harus memilih dan mengisi beberapa informasi, seperti identitas peserta yang akan berobat, poli yang dituju, tanggal daftar, jadwal praktek dokter, dan keluhan yang dirasakan.

Edwin juga menjelaskan bahwa untuk menu Faskes Rujukan Tingkat Lanjutan, peserta harus memiliki surat rujukan dari Faskes Tingkat Pertama (FKTP). Surat rujukan tersebut akan secara otomatis terintegrasi dalam Aplikasi Mobile JKN ketika FKTP memberikan surat rujukan kepada peserta. Selanjutnya, peserta dapat memilih tanggal kunjungan yang diinginkan. Nomor antrean dapat diambil satu hari sebelum jadwal layanan yang diinginkan oleh peserta JKN.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *