Example floating
Example floating
BeritaKediri

Ini Dia Keajaiban Tersembunyi Kota Kediri yang Mengagumkan!

×

Ini Dia Keajaiban Tersembunyi Kota Kediri yang Mengagumkan!

Sebarkan artikel ini
Ini Dia Keajaiban Tersembunyi Kota Kediri yang Mengagumkan!
Ini Dia Keajaiban Tersembunyi Kota Kediri yang Mengagumkan!

MEMO kediri

Kota Kediri, Jawa Timur, Indonesia, adalah tempat yang sarat dengan keajaiban sejarah dan kekayaan budaya. Dari industri rokok kretek yang terkenal hingga Monumen Simpang Lima Gumul yang megah, serta pesona alam Gunung Kelud yang menawan, Kota Kediri menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi pengunjungnya.

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

Explore Pesona Industri Kretek, Monumen Bersejarah, dan Pesona Alam Gunung Kelud

Kota Kediri, terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, telah mengalami sejumlah peristiwa sejarah menarik dan memiliki kekayaan budaya yang patut disoroti.

Pada masa keemasan Kerajaan Kadiri di bawah pemerintahan Raja Jayabaya, kota ini telah menandakan keberadaannya. Sejak era kerajaan Hindu-Buddha pada abad ke-11 Masehi hingga menjadi pusat administrasi Hindia-Belanda.

Menurut data yang dikumpulkan oleh beritajatim Sabtu (20/2/2024), berikut beberapa fakta unik yang menyoroti keindahan Kota Kediri:

  1. Industri Rokok Kretek yang Terkenal
    Industri rokok kretek telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan di Kota Kediri. Rokok kretek bukan hanya menjadi lambang budaya lokal, tetapi juga produk ekspor utama. Dengan adanya banyak pabrik rokok besar di kota ini, industri rokok kretek memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

2. Monumen Simpang Lima Gumul (SLG)
Monumen Simpang Lima Gumul adalah salah satu ikon Kabupaten Kediri. Dirancang oleh Bupati Kediri pada masa itu, Sutrisno, bangunan ini telah menjadi landmark penting sejak diresmikan pada tahun 2008. Terletak di Desa Tugurejo, SLG menjadi daya tarik bagi wisatawan maupun penduduk lokal.

3. Gunung Kelud
Gunung Kelud, sebuah gunung berapi yang masih aktif, menambah keindahan alam Kota Kediri. Berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang, gunung ini secara administratif berada di bawah Pemerintah Kabupaten Kediri. Kehadirannya memberikan sentuhan alam yang menarik bagi wilayah sekitarnya.

4. Kampung Inggris: Pusat Pelatihan Bahasa Inggris
Kota Kediri juga dikenal dengan Kampung Inggris, sebuah pusat pelatihan bahasa Inggris yang terkenal di kawasan Pare. Program intensif dan interaktif yang ditawarkan di sini memberikan pengalaman belajar bahasa Inggris yang unik dan menyenangkan bagi pesertanya. Tidak hanya masyarakat Indonesia, tetapi juga wisatawan mancanegara tertarik untuk belajar di Kampung Inggris Pare.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *