Dispertabun Kab Kediri Beri Pelatihan Olahan Kopi Jagung, Ciptakan UKM Baru

oleh
Dispertabun Kab Kediri Beri Pelatihan Olahan Kopi Jagung, Ciptakan UKM Baru

Kediri, Memo
Mengantisipasi penurunan harga komoditas jagung, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri menggelar pelatihan pembuatan olahan kopi jagung.

Pelatihan olahan kopi jagung ini diikuti sekitar 30 orang petani, di tiga kecamatan yang tergabung dalam daerah irigasi kromasan, yakni Kecamatan Ngadiluwih, Kec kras dan Kec Ringinrejo.

Pelatihan ini diharapkan bisa memberdayakan petani perempuan, melalui penciptaan usaha kecil menengah baru.

Dalam pelatihan ini, dipandu oleh pemateri dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Karangtalun Kecamatan Kras Ibu Karyati.

Moh Imam Nawawi, petugas lapang program Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program (IPDMIP) Dispertabun Kabupaten Kediri  mengatakan, pelatihan ini dilatar belakangi karena penurunan harga komoditas jagung petani beberapa waktu lalu. Dispertabun menginisiasi dengan mengandeng pemateri untuk memberikan pelatihan olahan pangan dari bahan jagung.

loading...

Lebih lanjut, selain karena minuman legendaris kopi jagung yang kini mulai ditinggalkan, pelatihan tersebut juga diharapkan bisa memberdayakan petani perempuan melalui pembuatan UKM baru.

“Pelatihan olahan kopi jagung ini menjadi bagian dari kegiatan sekolah lapang pertanian. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa memberdayakan petani perempuan, melalui penciptaan Usaha Kecil Menengah baru, “ucapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.