Bupati Serahkan Bantuan Bagi Warga Alami Kerugian Material Kerusuhan Ngadiluwih

oleh
Bupati Serahkan Bantuan Bagi Warga Alami Kerugian Material Kerusuhan Ngadiluwih

Kediri, Memo
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memberikan bantuan sosial untuk warga yang mengalami kerugian material akibat kerusuhan di Kecamatan Ngadiluwih.

Orang nomor satu di Kabupaten Kediri tersebut menyerahkan langsung bantuan berupa uang tunai kepada warga Desa Wonorejo. Dari kedatangannya tersebut, bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu memastikan kondisi warganya sudah membaik.

Menurutnya, tinjauan yang dilakukannya bersama Forkopimda Kabupaten Kediri ini sekaligus untuk memetakan penyebab dan solusi dari kejadian tersebut.

“Saya bersama Pak Dandim, Pak Kapolres, Ketua DPRD dan Pak Kajari memetakan kejadian kemarin sebenarnya penyebabnya apa,” kata Mas Dhito, Jumat (20/1/2023).

Dalam agenda tersebut, Mas Dhito mendengarkan keluh kesah warga RT 04 RW 02 Desa Wonorejo paska terjadinya kerusuhan.

Selain kerugian material, lanjut Mas Dhito, warga di kawasan tersebut juga mengalami trauma. Bahkan salah satu warga mengalami trauma berat.

“Masih ada warga yang trauma, kita lakukan trauma healing. Bahkan tadi ada ibu-ibu jika mendengar suara motor digas masih trauma sampai sekarang,” tuturnya.

Dari data Dinas Sosial Kabupaten Kediri, warga yang mengalami kerusakan material kategori berat sebanyak 9 orang. Dari data itu, kerusakan dialami oleh pedagang. Dimana pedagang ini masing-masing mendapatkan subsidi sebesar dua juta rupiah.