Example floating
Example floating
Kediri

Bupati Kediri Dorong Pengusaha Kerupuk, Segera Lengkapi Label BPOM

×

Bupati Kediri Dorong Pengusaha Kerupuk, Segera Lengkapi Label BPOM

Sebarkan artikel ini
Bupati Kediri Dorong Pengusaha Kerupuk, Segera Lengkapi Label BPOM
Bupati Kediri Dorong Pengusaha Kerupuk, Segera Lengkapi Label BPOM

MEMO kediri

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, menggalakkan pengusaha kerupuk di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, untuk segera melengkapi label BPOM guna meningkatkan nilai jual produk mereka. Kunjungannya ke pabrik kerupuk impala di Desa Kras menyoroti pentingnya legalitas usaha dan kemudahan akses melalui aplikasi Online Single Submission (OSS).

Advertisment
Example 300x600
Scroll ke bawah untuk baca berita

Ini Dia Rahasia Sukses Bisnis Kerupuk!

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, mendorong para pengusaha kerupuk di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang belum melengkapi label Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk segera melakukannya.

Menurutnya, langkah ini akan memberikan manfaat besar bagi usaha mereka serta dapat meningkatkan nilai jual produk.

“Saya telah mengunjungi pabrik kerupuk dan saya mendorong agar para pengusaha segera melengkapi label BPOM agar harga jualnya dapat ditingkatkan serta keuntungannya meningkat,” ujar Bupati tersebut di Kediri, pada hari Selasa.

Ia mengungkapkan bahwa ia secara langsung melakukan kunjungan ke pabrik kerupuk impala yang terletak di Desa/Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri. Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi sekitar 7 hingga 8 ton kerupuk per hari.

Pabrik tersebut juga melibatkan sejumlah karyawan yang jumlahnya cukup besar, mencapai sekitar 90 orang dan mayoritas dari mereka berasal dari desa setempat.

Bupati menjelaskan bahwa kunjungannya ke pabrik tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menginap di rumah warga. Selama sore hari, ia juga menyempatkan diri untuk bertemu dengan warga yang sedang menjalankan rutinitas mereka sehari-hari.

Tujuannya adalah untuk berdialog langsung dengan mereka dan memahami aktivitas yang mereka lakukan.

Pemerintah Kabupaten Kediri telah memberikan kemudahan dalam proses pengurusan izin usaha untuk para pelaku UMKM di wilayah tersebut, sehingga para pemilik usaha dapat memperoleh legalitas untuk usaha mereka.

Pemilik Pabrik Kerupuk Berbagi Perjuangan Menghadapi Kendala dalam Bisnis

Pemerintah Kabupaten juga menyediakan layanan aplikasi Online Single Submission (OSS) yang dapat diakses oleh para pelaku usaha sendiri. Melalui sistem OSS ini, semua proses perizinan akan terintegrasi dengan baik, sehingga tidak akan terjadi tumpang tindih antara proses perizinan pusat dan daerah.

Dengan adanya aplikasi OSS ini, masyarakat dapat dengan mudah mengurus perizinan mereka sendiri melalui ponsel, sehingga prosesnya lebih cepat. Selain itu, Pemerintah Kabupaten juga siap memberikan pendampingan dalam proses pengurusan perizinan, termasuk izin dari BPOM.

Sementara itu, pemilik usaha pabrik kerupuk tersebut, Galih, menyatakan bahwa ia telah menjalankan usahanya sejak tahun 2011. Dia merasa bersyukur karena usahanya terus berkembang dan berhasil mendistribusikan kerupuk impala ini ke berbagai daerah, mulai dari Kalimantan, Sulawesi, hingga Sumatera.

Galih mengungkapkan bahwa selama menjalankan usahanya, pabriknya telah menghadapi berbagai proses panjang. Namun kini, ia dapat merekrut banyak orang, sehingga turut membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran di daerah tersebut.

Dia juga menyebutkan bahwa ada beberapa kendala yang dialaminya, di antaranya adalah tingginya harga bahan baku. Menurutnya, proses pengembangan pabriknya memang tidak mudah, namun dia yakin bahwa semua itu adalah bagian dari takdirnya.

Dia juga menyebutkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, harga bahan baku seperti tepung tapioka mengalami kenaikan yang signifikan dan pasokannya juga menjadi langka.

Galih berharap agar usahanya terus berkembang dan dapat merekrut semakin banyak pekerja. Dia juga merasa bangga karena Bupati Kediri mau berkunjung ke pabriknya dan memberikan masukan yang konstruktif agar usahanya dapat semakin baik di masa depan.

Pemilik Pabrik Kerupuk, Berjuang Melalui Kendala untuk Kemajuan Usahanya

Galih, seorang pengusaha pabrik kerupuk, menceritakan perjalanannya dalam mengembangkan usahanya sejak tahun 2011. Meskipun menghadapi berbagai kendala, termasuk kenaikan harga bahan baku seperti tepung tapioka, Galih tetap bertekad untuk terus berkembang.

Dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kediri, terutama dalam memudahkan proses perizinan melalui aplikasi OSS, memberikan dorongan tambahan bagi Galih untuk terus maju. Melalui usahanya, Galih juga turut berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran dengan merekrut banyak tenaga kerja.

Kunjungan Bupati Kediri ke pabriknya menjadi penghargaan tersendiri bagi Galih, yang memberikan semangat baru untuk meningkatkan kualitas produknya.

 

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *