Benda Cagar Budaya Berupa Kepala Kala ditemukan Warga Kediri

oleh
Benda Cagar Budaya Berupa Kepala Kala ditemukan Warga Kediri

Kediri, Memo
Sebuah batu berbentuk menyerupai seperti Kepala Kala, ditemukan warga Dusun Sugihwaras, Desa Klanderan Kec Plosoklaten Kab Kediri. Penemuan benda tersebut diduga peninggalan jaman kerajaan Majapahit.

Dari keterangan Kepala Dusun setempat, Roby Wijarnako mengatakan, benda yang diduga cagar budaya tersebut ditemukan oleh warganya bernama Cahyo Umar Guritno, warga Dusun Sugihwaras Desa Klanderan Kecamatan Plosoklaten Kab Kediri.

“Benda yang menyerupai Kepala Kala, ditemukan pada saat adanya pembangunan jalan tembus yang menghubungkan Desa Dawuhan dengan Desa Kambingan dialiran sungai buk Telon, “jelas Roby Wijarnako saat ditemui dilokasi tempat benda tersebut berada, Rabu (14/4/2020).

Menurutnya, dilihat dari ukiran yang terdapat dibatu tersebut, memiliki nilai sejarah bukan dari jaman sekarang, dengan nilai seni dari daerah jawa tengah.

Benda yang mirip kepala kala tersebut, memiliki panjang sekitar 60 sentimeter dengan lebar 23 centimeter dan tinggi 26 sentimeter dengan tebal sekitar 13 centimeter.

Saat ini batu kepala kala diamankan dan ditaruh dibelakang rumah disalah satu warga desa setempat.

Sementara Eko, Kasi museum dan purbakala dinas Pariwisata dan Kebudayaan kab kediri menjelaskan, benda yang menyerupai kepala kala ini dalam simbolis agama hindu, menyimbolkan dan dianggap sebagai penolak balak, yang ditempatkan diatas direlung pintu masuk atau ruangan.

Selain itu, juga dipercaya untuk menangkal sifat buruk manusia ketika masuk kedalam tempat atau bangunan suci.

Dengan temuan tersebut, dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Kediri masih melakukan penelitian dan berkordinasi dengan balai pelestarian cagar budaya Jawa Timur, untuk mengetahui pasti keaslian dan mengetahui di era kerajaan mana benda tersebut berasal.