Varietas Durian Baru Medowo, Jadi Salah Satu Produk Unggulan Asli Daerah, Ini Pemenang Lomba Kontes Durian!!

oleh

Kediri, memo.co.id

Event Dhahar Durian yang dilaksanakan di Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri dihadiri jajaran Forpinda, Sabtu (24/2/2018).

Acara yang digelar di depan balai desa Medowo diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya kontes Durian asli Medowo.

Kontes durian diikuti oleh petani durian Desa Medowo dengan cara mengikut sertakan buah durian yang diberi angka sebagai tanda pemilik kontes durian 2018.

Dari keterangan ketua tim Panitia lomba Edi Hariyanto yang berasal dari UPT PSB Jatim menjelaskan kriteria penilian adalah tampilan luar tampilan dalam, ketebalan warna dan juga besaran buah dan biji.

“Tekstur yang disepakati oleh panita warna daging kuning, tebal buahnya, pongge kecil tipis, lembut dan rasa manis legit, serta yang penting warnanya kuning, “ungkapnya.

Masih kata Edi Hariyanto, dengan adanya kontes buah durian yang diikuti 13 peserta, nantinya pemenang kontes durian bisa diusulkan keunggulan keunggulan sebagai varietas unggul durian nasional.

“Dengan kontes durian ini, pemenang kontes bisa mengusulkan untuk duriannya sebagai varietas durian nasional dengan ciri khas tersendiri, juga meningkatkan harga jual, “ungkapnya.

Lebih lanjut, Edi Hariyanto juga menuturkan bahwa durian Medowo menurutnya bisa menjadi salah satu durian nasional asli medowo yang memiliki ciri khas tersendiri.

“Kalau menurut saya, durian medowo bisa menjadi salah satu unggulan varietas baru, “tambahnya.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian Widodo menjelaskan kami melakukan pelestarian dengan sistem “Plasma Nutfah” sumber genetis durian yang unggul.

“Dari batang yang unggul nantinya akan kita kembangkan dan kita berikan ke petani sehingga nantinya akan ada varietas unggulan yang enak, “jelasnya.

Namun selain itu, durian yang nantinya menang kontes akan kita ajukan dan kita angkat bisa menjadi salah satu varietas unggulan durian.

“Tim juri terdiri dari BPSB, Dinas Pertanian, Petani lokal yang natinya menilai rasa, warna, edibel porsi atau jumlah yang bisa dimakan dan tidak, “pungkas Widodo.

Dalam kontes durian di event tahunan Dhahar Durian, di dapatkan pemenang kontes yaitu juara satu di raih nomor durian 15 dengan nilai 1.057 EP 30,0%, pemenang kontes juara dua di dapat durian nomor 10 dengan nilai 10.093 EP 20, 7% dan juara tiga dengan nilai 1.028 EP 26, 2 persen.(Adv/kominfo)