Untuk Tertib Antrian, RSUD Nganjuk Miliki Sarana Mesin Antrian Digital

oleh

NGANJUK,MEMO.CO.ID

Pada dasarnya Rumah Sakit adalah organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat.

Untuk mengoptimalisasi sistem pelayanan kesehatan bagi pasien , RSUD Nganjuk terhitung sejak pertengahan bulan Pebruari 2018 telah menggunakan sistem antrian secara digital. ” RSUD Nganjuk memiliki dua unit mesin antrian digital,” terang Humas RSUD Nganjuk, Eko Santoso.

Dengan adanya alat tersebut masih kata Eko Santoso menitik beratkan pelayanan kepada masyarakat luas guna mencapai derajad kesehatan yang optimal.

Untuk pencapaian kualitas pelayanan prima kepada masyarakat lebih lanjut dikatakan Eko, harus dibarengi dengan peningkatan sarana penunjang.

” Dengan menggunakan mesin antrian tujuanya untuk menangani pasien yang seringkali harus antri panjang untuk mendapatkan pelayanan medis,” imbuhnya.

Sistim kerja mesin antrian rumah sakit dikatakan juga oleh humas , pasien tinggal menekan tombol menu yang tertera dilayar mesin. Menu pilihanya pasien umum dan khusus.

” Sebelum dilayani petugas antrian , pasien sebelumnya menunjukkan berkas persyaratan lengkap. Jika sudah dianggap komplit ,pasienatau keluarga pasien dipersilahkan memencet menu dan sejanjutnya akan memperoleh nomor antrian,”urainya juga.

Sementara dikatakan petugas antrian Marhaeny Eko Pertiwi kepada memo.co.id menjelaskan pada hari senin sampai kamis jumlah pasien BPJS setiap harinya rata rata mencapai 500 orang. Sementara untuk pasien umum rsta rata dibawah 100 orang. ” Kalau hari jumat dan sabtu karena waktunya pendek jumlah pasien yang antri juga sedikit,” katanya.

Sekedar diketahui dua mesin antrian digital milik RSUD Nganjuk tersebut diletakkan dekat pintu masuk utama rumah sakit. Petugas melayani antrian mulai pagi pukul 07.00 WIB sampai siang hari pukul 11.00 WIB. (adi)