Totok Budi Hartono : Jiwa Besar Suryo Alam Bisa Jadi Refrensi Edukasi Politik

oleh

NGANJUK,MEMO.CO.ID

Sepanjang sejarah dunia perpolitikan di Kabupaten Nganjuk mungkin baru kali pertama ini ada seorang bakal calon (balon) bupati yang dinyatakan gagal maju dalam bursa pilkada gara gara tidak memperoleh rekom partai namun tetap berjiwa besar dan justru memberikan support moral kepada ketiga pasang calon bupati dan wakil bupati (Novi-Marhen,Hanung – Bima dan Desy – Yaqin)

Style berpolitik yang tergolong langka tapi patut dicontoh itu melekat pada jiwa seorang anggota DPR RI dari komisi X yaitu Moh.Suryo Alam.Politikus dari Partai Golkar asli kelahiran dari kota tahu Kediri ini mengaku kepada memo.co.id meskipun gagal maju dalam bursa pilkada , tapi harus tetap menjaga komonikasi jangan sampai memutus tali silahturohmi.Dan tetap menjunjung tinggi nilai demokrasi yang berpancasila.

” Misi saya bertemu tiga paslon tidak ada tujuan lain kecuali silahturohmi. Tidak ada deal politik atau bargaining politik untuk mereka. Support moral yang saya sampaikan porsinya sama yaitu semoga sukses,” tuturnya saat berada dikediaman Mbak Desy salah satu calon bupati yang diusung partai golkar.

Disentil pertanyaan oleh sejumlah awak media tentang apakah ada upaya mengarahkan masa pendukung yang sudah terbangun kepada salah satu calon. Dengan tegas Suryo Alam menyatakan tidak ada. ” Untuk urusan itu biar masyarakat yang memilih. Ini persoalan pilihan saya tidak ada kewenangan mempengaruhi masyarakat,” tegasnya.

Sementara dari tanggapan Mbak Desy dengan kedatangan Suryo Alam bersama ronbongan dinilai seperti sebuah pelajaran politik yang berharga. ” Jiwa besarnya dan niat silahturohminya serta supportnya patut diapresiasi,” ucapnya.