Tim Relawan Perkawis Kediri Desak Perhutani Tindak Pengrusak Hutan Lindung

oleh
Tim Relawan Perkawis Kediri Desak Perhutani Tindak Pengrusak Hutan Lindung

Kediri, Memo
Tim Relawan Perkawis Kediri, melakukan pengecekan langsung secara bersama-sama, Sabtu (17/10/2020). Tim gabungan terdiri dari FKH, SuaR Indonesia Kediri, TSBD Laras Wilis Kalipang, Yayasan Hijau Daun dan Forum Pojok Rembuk.

Pelestari Kawasan Wilis (Perkawis) Kediri, menemukan aktivitas penebangan pohon secara liar di kawasan hutan lindung tepatnya di sekitar Air Terjun Ngleyangan, Kabupaten Kediri. Penggundulan hutan (Deforestasi) dengan cara penebangan pohon mencapai luasan hingga sekitar 35 hektar.

Ketua Perkawis Kediri Budiman mengatakan penggundulan hutan tersebut ditemukan di kawasan Goliman yang masuk KPH Perhutani Kediri dan mendesak pihak terkait, khususnya Perhutani Kediri segera mengambil tindakan.

“Segera hentikan penebangan hutan, karena sudah diatur Undang-undang, hutan lindung tidak boleh ditebang begitu saja, “ucap Ketua Perkawis Budiman.

Masih jelas ketua Perkawis, selain itu juga harus ada upaya pengembalian hutan sebagaimana fungsinya, dan mendesak upaya penegakan hukum terhadap pelaku penebangan hutan. “Bagaimana upaya penegakan hukum terhadap hal ini. Pihak Perhutani yang menjadi kewenangannya disana, “ungkapnya.

Temuan Perkawis kawasan hutan yang rusak akibat penggundulan mencapai luasan sekitar 35 hektar. Pohon di kawasan itu ditebangi untuk dialih fungsikan dan ditanami tanaman holtikultura dan palawija. Apabila aktivitas tersebut tidak segera dihentikan, Perkawis khawatir dengan adanya ancaman bencana alam.