Tahun Baru Hijriyah 1439 H, PCNU Kota Kediri Festival 99 Bedug

oleh

Kediri, memo.co.id

Dalam rangka menyemarakkan tahun baru Islam 1439 Hijriah. PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Kota Kediri bekerjasama dengan Pemkot Kediri menggelar Festival Parade 99 Bedug yang memperebutkan Piala bergilir Walikota Kediri, Kamis 21 September 2017.

 

Dalam acara festival parade 99 Bedug ini di ikuti oleh seluruh Ranting NU Kota Kediri yang terdiri dari 3 Kecamatan Se – Kota Kediri yakni Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Kota dan Kecamatan Pesantren.
Diketahui dalam acara tersebut langsung diberangkat oleh Ketua Syuriah PCNU Kota Kediri KH. Abdul Hamid.

 

“Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1439 Hijriah. Marilah kita bersama – sama melakukannya dengan semangat Hijriah, yang esensinya adalah meninggalkan sesuatu yang negative menuju hal yang positive, meninggalkan sesuatu sifat yang jelek menjadi lebih baik dan meninggalkan rasa malas menjadi lebih bersemangat,” ucapnya.

 

Oleh karena itu sambung Abdul Hamid, marilah dengan semangat Hijriah ini dengan festival bedug 99, kita semua harus menata niat, tekad dan juga semangat untuk di tahun 1349 menjadi lebih lagi dalam seluruh aspek kehidupan, dalam berorganisasi, beribadah dan berpolitik kita harus lebih baik, lebih berkualitas dan lebih budaya,” ungkapnya dengan bersemangat.

 

Terpisah, Gus Ab sapaan akrabnya KH. Abu Bakar Abdul Jalil Ketua PCNU Kota Kediri mengungkapkan, tujuan dari pada menggelar festival parade 99 bedug ini tak lain yaitu untuk melestarikan budaya kita terdahulu.
Karena kita ketahui Bedug ini merupakan sepeninggalan dari Walisongo yang pada saat itu bedug ini dipergunakan sebagai alat untuk komunikasi. Maka dari itu bedug ini sesuatu perihal yang harus kita lestarikan. Karena dengan cara inilah kita bisa mempertahankan salah satu dari budaya kita atas sepeninggalan leluhur,” terangnya.

 

Sekedar diketahui dalam acara festival parade 99 bedug ini start dilakukan di areal Ponpes Lirboyo Kota Kediri dan untuk lokasi finish berada di halaman Balai Kota Kediri Jl. Basuki Rahmad No.15, Pocanan, Kecamatan Kota Kediri Jawa Timur.(galuh)