Subhanallah… Penderita Lepra Terlantar, Puluhan Tahun Hidup Dikandang Kambing

oleh

NGANJUK,MEMO.CO.ID

Subhanallah….karena divonis menderita penyakit lepra (kusta), Sardi (60) warga Dusun Kurung Lor, Desa Kampungbaru, Kecamatan Tanjunganom sudah hampir 30 tahun atau separoh dari usianya harus menjalani hidup dalam pengasingan jauh dari kehidupan keluarga maupun masyarakat setempat.

Pengasingan Sardi bukan tanpa alasan. Karena masyarakat lebih lebih keluarga dekatnya merasa takut akan tertular penyakit yang tergolong mengerikan itu jika berinteraksi dengan Sardi.

Untuk mendapatkan rasa aman akhirnya oleh keluarganya , Sardi, dbuatkan tempat tinggal khusus. Persisnya dibelakang rumah orang tuanya ada bangunan tua kosong disitu Sardi menjalani sisa hidupnya tanpa ditemani siapa siapa kecuali sapi dan kambing.

Karena tempat pengasinganya bersebelahan dengan kandang sapi bercampur kambing. Sehingga kesan kumuh kotor dan berbau menjadi pemandangan yang memprehatinkan.

Lebih memprehatinkan lagi saat wartawan dan perangkat desa beserta warga melihat secara dekat kondisi Sardi ternyata pada bagian jari tangan dan kaki sudah banyak yang putus.

” Saya menderita penyakit ini sudah hampir tiga puluh tahun atau sejak saya menjadi pengantin baru,” ujar Sardi.