Sidak Dua Pasar Tradisional Di Kota Kediri Harga Komoditi Stabil

oleh

Kediri, memo.co.id

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri, bersama Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional di Kota Kediri.

Sidak yang dilakukan di dua pasar tradisional yaitu di pasar Pahing dan juga pasar Setono betek, Rabu (23/5/2018).

Diketahui dalam sidak tersebut, sejumlah harga pangan dan kebutuhan pokok pada bulan Ramadhan 1439 H, saat ini cukup stabil. Ada kenaikan kebutuhan, tapi hal itu masih dalam batas kewajaran.

Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disperdagin) Kota Kediri, Yetty Sisworini, SE, MM mengatakan, dari hasil sidak, ada beberapa harga komoditi pangan yang naik dan juga turun, Namun itu masih dalam batas kewajaran.

“Dari sidak didua pasar tradisional yang dilakukan harga relatif stabil, ada beberapa harga yang naik dan turun yaitu daging dan cabai, “ujarnya.

Kepala Disperdagin Kota Kediri, Yetty, juga mengungkapkan, kenaikan harga komoditi terjadi di ayam potong. Untuk harga ayam potong mengalami kenaikan dari harga Rp 30.000 menjadi Rp 34.000. Sementara untuk komoditas yang mengalami penurunan adalah cabai rawit dari harga Rp 30.000 saat ini turun di harga Rp 26.000.

“Penurunan harga cabal rawit ini dikarenakan stok cabai yang melimpah dan kualitas cabai pun baik. Sedangkan kenaikan harga ayam potong disebabkan oleh naiknya harga pakan ayam, “jelasnya.

Meskipun harga-harga cenderung stabil, Yetty mengatakan, TPlD Kota Kediri akan terus melakukan sidak untuk terus menjaga kestabilan harga di pasar hingga seminggu menjelang Hari Raya ldul Fitri.

“TPID akan terus sidak hingga jelang Idul Firti agar harga stabil, dan juga Stok hingga saat ini untuk semua komoditi masih aman, “pungkasnya.(jok)