Sehari Berbusana Kartini, Ratusan Karyawan RSUD Kertosono Tampil Anggun Dan Natural

oleh

NGANJUK,MEMO.CO.ID

Kalender 21 April adalah moment tahunan yang memiliki fakta sejarah yang diukir oleh seorang pahlawan nasional siapa lagi kalau bukan putri bangsawan asal Jepara-Jawa Tengah, Raden Adjeng (RA) Kartini.

Putri Bupati Jepara, Raden Mas (RM) Adipati Ario Sosroningrat ini dikenal dimata rakyat Indonesia dan dunia adalah sosok pelopor kebangkitan perempuan pribumi atau populer disebut sebagai pejuang emansipasi wanita dimasa penjajahan belanda.

Jasa besar RA Katini yang diwariskan oleh bangsa Indonesia adalah melawan diskriminasi terhadap hak kaum perempuan disaat bumi pertiwi dalam kekuasaan pemerintah belanda. Hak hak perempuan yang diperjuangkan oleh putri seorang guru agama,M.A Ngadirah ini diantaranya menjamin hak perempuan untuk mendapatkan fasilitas pendidikan dan kemerdekaan mengemukakan pendapat.

Untuk mewujudkan cita citanya itu, istri Bupati Rembang ini mendirikan sekolah khusus kaum perempuan dan menerbitkan buku hasil buah pikiranya dengan judul habis gelap terbitlah terang.

Dengan perjuangan itu akhirnya RA Kartini dinobatkan oleh pemerintah RI sebagai pahlawan nasional. Dan sebagai buktinya,setiap tanggal 21 April dijadikan hari besar nasional yang diperingati setiap tahunnya senagai hari kartini.