Sambut Idul Fitri Wujud Syukur Dengan Takbir Keliling

oleh

Kediri, memo.co.id

Menjadi kebahagiaan tersendiri bagi umat Islam bisa menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Terdapat banyak cara dalam menyambutnya, salah satunya mengisi malam Idul Fitri dengan bertakbir.

Takbir di malam Idul Fitri merupakan perwujudan rasa syukur bagi setiap umat Muslim. Mereka mengagungkan nama Tuhannya usai melaksanakan ibadah Ramadhan yang penuh hikmat.

Perihal ini terlihat juga dilakukan oleh warga Lingkungan Bence. Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

Mereka baik dari kalangan anak-anak, hingga dewasa berbaur menjadi satu untuk melakukan takbir keliling sembari membawa obor serta diiringi lantunan takbir.

“Takbir keliling dijalankan untuk membangkitkan semangat dalam mengerjakan kebaikan. Apalagi di Hari Raya yang penuh keberkahan.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk menghiasi malam Idul Fitri dengan memperbanyak takbir sebagai bukti cinta kepada Allah SWT,” kata Imam Mochtar Ahmad, Rois Syuriah Ranting NU Lingkungan Bence Kota Kediri.

Masih kata Imam Mochtar, takbir keliling ini sengaja dilakukan untuk memperkenalkan kembali kepada generasi-generasi muda saat ini. Karena kita ketahui, budaya takbir keliling seolah-olah mulai terkikis oleh kemajuan zaman di era globalisasi saat ini.

“Maka dari itu, kami bermaksud untuk memperkenalkan kembali kepada generasi muda terutama anak-anak untuk meneruskan budaya islam yang baik ini,” ungkap Imam Mochtar, yang juga penggagas acara takbir keliling ini. (glh)