Puluhan Hektar Tanaman Padi Diserang Hama Tikus, Petani Tirtobinangun Terancam Gagal Panen

oleh -127 views
Puluhan Hektar Tanaman Padi Diserang Hama Tikus, Petani Tirtobinangun Terancam Gagal Panen

NGANJUK, MEMO
Musim tanam padi disebagian wilayah Kabupaten Nganjuk pada tahun ini dipridiksi akan mengalami gagal panen (puso). Dari data yang dihimpun , terdapat puluhan hektar tanaman padi siap panen tepatnya di area pertanian Desa Tirtobinangun Kecamatan Patianrowo ludes diserang hama tikus.

Akibat serangan hewan pengerat tersebut, para petani mengalami kerugian cukup besar. Karena para petani harus kehilangan keuntungan hasil panen yang tinggal menunggu beberapa hari saja. Sebab umur padi yang terserang hama tikus rata rata sudah tiga bulan lebih.

“Dalam kondisi normal, satu petak tanaman padi dengan luas lahan seperempat bahu bila dibeli tengkulak, petani bisa mendapatkan uang tidak kurang dari enam juta,” tandas para petani setempat.

Karena musibah seperti ini akhirnya impian petani tinggal angan angan.Sudah tidak bisa berbuat banyak kecuali hanya bisa pasrah menerima kenyataan.

Namun demikian dibalik musibah ini tampaknya kurang ada perhatian dari dinas terkait.Termasuk dari Petugas Penyuluh Lapang (PPL) milik Balai Pertanian di korwil Kecamatan Patianrowo tidak pernah turun kebawah guna melakukan pendampingan atau penyuluhan seputar persoalan yang dialami para petani.