Polres Kediri Ungkap Kasus Skiming ATM, Ini Pelakunya!!

oleh -1.785 views

Kediri, memo.co.id

Polres kediri melakukan rilis terkait penangkapan pelaku skiming yang meresahkan masyarakat Kediri.

Kasus skiming yang sempat membuat resah para nasabah bank BRI di Kediri, berhasil diungkap Tim gabungan Polres Kediri, Densus 88 Mabes Polri dan Tim IT Polda Jawa Timur. Ada delapan orang pelaku yang sudah berhasil diamankan, namun sindikat otak dalangnya Mr. X yang ada dijakarta masih menjadi buron.

Pelaku yang ditangkap di antaranya Supeno (43) dan M. Toyib (35) warga Kabupaten Kediri, Nur Mufid (35) warga Kendal, Mustofa (49) warga kedungwaru Tulungagung dan Sujianto (50) Pasirian Lumajang, serta Ahmad Rido (34), Sugianto (38), dan Siswanto (49) warga Jawa Tengah.

Peran tersangka ini berbeda beda antara Iain merekrut pemasangan spycam, menggandakan data nasabah, hingga penarikan dan pengambilan uang nasabah dari ATM.

Para pelaku diamankan, masih kata Kapolres Erick, setelah petugas mempelajari data transaksi dan CCTV di mesin ATM wilayah Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Petugas mengenali pelaku dari sebuah jaket yang dikenakan saat memasang alat spycam di mulut ATM.

“Saat ini ada lima orang pelaku yang kami hadirkan dalam jumpa pers ini. Tiga orang pelaku lainnya berada di Polda Jawa Tengah. Mereka masih menjalani serangkaian pemeriksaan untuk pengembangan kasus ini, “kata Kapolres Kediri, AKBP Erick Hermawan, Kamis (12/4/2018).