Perkenalkan Berbagai Tumbuhan Untuk Mencegah Stunting, Ini Langkah Dispertambun

oleh -858 views
Perkenalkan Berbagai Tumbuhan Untuk Mencegah Stunting, Ini Langkah Dispertambun
Perkenalkan Berbagai Tumbuhan Untuk Mencegah Stunting, Ini Langkah Dispertambun. ( foto : istimewa/repro)

Menurut Samsul, tanaman tanaman itu diantaranya adalah tanaman kelor. Kelor mempunyai kandungan nutrisi sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan tanaman yang lain, tanaman kelor bisa disebut sebagai superfood. Syamsul mengaku, stigma masyarakat tentang tanaman kelor memberikan tantangan tersendiri. Karena, tanaman kelor selama ini, hanya dipakai memandikan jenazah. “Padahal gizinya sangat tinggi untuk pemenuhan gizi,” tegasnya.

Yang perlu diperhatikan ialah saat memasak sayuran kelor. Jangan sampai nilai gizinya hilang gara gara salah memasak. Sayur kelor dapat langsung dibuat sayur dalam bentuk segar. Atau juga melalui cara dikeringkan dan dijadikan serbuk. Ketika menjadi serbuk, sesuai selera bisa dibuat sebagai apa. Misalnya kalau suka kopi ya bisa untuk kopi kelor. Atau bisa dicampur dengan teh.

Sekarang ini, program Dispertabun yakni pengenalan berbagai tanaman dan tumbuhan yang bisa mencegah stunting diprioritaskan ke sepuluh desa lokus stunting yang sudah ditentukan oleh Dinas Kesehatan. “Kita beri bantuan berupa bibit kelor. Total ada 500an bibit per-desa,” bebernya. ( bag / adv / kominfo )