Minum Madu Seribu Gelas, Mengisi Acara Festival Sumber Podang 2017, Wujudkan Desa Pariwisata

oleh -2.877 views
iklan

Kediri, memo.co.id

Desa Joho Kecamatan Semen Kabupaten Kediri mengadakan acara Sumber Pondang Festival 2017. Acara festival sumber podang diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya bagi bagi madu, dengan minun madu seribu gelas, pembagian hadiah sekaligus acara dikemas bersih desa.

iklan

Acara diawali dengan kirab pusaka yang disertai gunungan dari hasil panen berupa tamanan palawija berjalan menuju Sumber Podang dimana tempat ritual akan dilakukan kurang lebih sekitar 2Km sekaligus dihibur dengan tabuhan dari lesung.

Sumber Podang Festival diikuti peserta dari masyarakat desa joho sekitar 1000 peserta yang hadir untuk memeriahkan acara festival.

Selain untuk memeriahkan acara festival dari pihak panitia juga menyediakan berbagai doorprice hadiah undian dan juga hadiah tunjukan untuk perwakilan tiap RT yang mewakili sebagai maskot sepasang ditunjuk langsung oleh Camat Semen tiga juara.

Saat dikonfirmasi Camat Semen Jiwo, SE mengatakan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Desa Joho sekaligus nguri nguri budaya jawa bersih desa.

“Selain itu, acara juga diisi dengan memimun seribu gelas madu, dan acara seperti ini sudah dilaksanakan empat kali serta berharap kedepannya orang luar daerah tahu bahwa di Kecamatan Semen Desa Joho ada ikon wisata, dengan adanya kegiatan seperit ini bisa memberitahu masyarakat luas dengan kegiatan seperti tadi sehingga mau menimbulkan minat untuk datang ke wisata Sumber podang, “jelas Camat Jiwo SE.

iklan

Terpisah Dedy Saputro Kepala Desa Joho juga berharap pemerintah Kabupaten Kediri proaktif dengan promosi melalui media sehingga peternak lebah yang jumlah ada 22 peternak bisa terbantu.

“Tiap kali panen peternak lebah bisa menghasilkan satu kuwintal setiap 50 kotak, dalam sekali panen 4 sampai 5 kuwital, jika pada waktu musim bisa sampai 1ton dan berharap dengan koperasi mikro usaha serta produksi bisa meningkat sehingga produk peternak lebah desa joho bisa dinikmati hingga kepenjuru daerah, “ujar Kades.

iklan