Kunjungan RAT KSPPS TAM Syariah, Menkop Himbau Waspadai Maraknya Koperasi Bodong

oleh

NGANJUK,MEMO.CO.ID

Waspadai dan kenali kelompok usaha investasi berkedok koperasi yang beroperasi mencari nasabah dengan modus iming iming bunga yang menggiurkan.

Begitu disampaikan Menteri Kopersi dan UMKM RI, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam agenda kerjanya menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017 di KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah Nganjuk pada hari Kamis (12/4).

Ditegaskan Menkop pasalnya sampai saat ini masih banyak koperasi abal-abal yang masih belum terdeteksi aktifitasnya namun intens gencar melakukan promosi dengan iming-iming balik hasil yang menggiurkan.” Untuk menertibkan aktifitas ilegal mereka maka diharapkan fungsi pengawasan dari dinas koperasi dan perdagangan didaerah harus terus ditingkatkan,” tegasnya.

Indikator koperasi bisa dikatagorikan sehat masih kata Menkop parameternya diantaranya selalu kontinyu melakukan RAT setiap tahun. ” Namun sebaliknya jika ada koperasi menawarkan imbal hasil berupa bunga perbulan di atas 5 persen, itu patut diwaspadai, itu identik dengan investasi bodong,” katanya.

Untuk meminimalisir jumlah koperasi bodong leading sektornya melekat pada dinas koperasi dan perdagangan dikabupaten/kota yang memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan dan tracking terhadap koperasi yang dicurigai melakukan aktifitas menyimpang.