KPU Kab Kediri Coret Dua WNA yang Masuk Daftar Pemilih Tetap

oleh -212 views

Kediri, Memo
KPU Kab Kediri Coret Dua WNA yang Masuk Daftar Pemilih Tetap. Terkait pemberitaan bahwa adanya dua kewarganegaraan Asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPU Kabupaten Kediri segera melakukan tindakan tegas. KPU Kabupaten Kediri dalam hal ini kelompok kerja Penutakhiran data pemilih (Pokja Mutarlih) yang melibatakan instansi terkait, telah bergerak cepat sejak berita tersebut beredar secara nasional.

“Hasil identifikasi Pokja ditemukan bahwa ada 2 WNA yang sempat masuk DPT. Kemudian, langsung dilakukan pencoretan atau di Tidak Memenuhi Syarat (TMS) kan, “jelas Eka Wisnu Wardhana, Komisioner Divisi Data dan informasi, Selasa (5/3/2019).

Selain itu, Eka Wisnu Wardhana juga menegaskan, pihaknya akan pastikan bahwa yang bersangkutan tidak akan menerima C6 (surat pemberitahuan untuk hadir ke TPS) nanti saat hari H, serta tidak ada ruang untuk menggunakan hak pilih bagi WNA.

“Kita sudah melakukan proses Pen-TMS-an tersebut, dan hal ini senantiasa mengacu pada aturan yang ada, “ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, dua Kewarganegaraan WNA yang masuk DPT merupakan warga negara Singapura dan Belanda. Hal tersebut diutarakan oleh Ali Mashudi, Bawaslu Kab Kediri, Divisi Pengawasan Humas dan Hubal Kabupaten Kediri.