Kelompok Ibu Rumah Tangga Ikuti Pelatihan Merajut Tas Dan Sepatu

oleh -1.721 views

NGANJUK,MEMO.CO.ID –

Bisa karena terbiasa. Itulah kalimat motifasi yang disampaikan Nova Jatu Ikrama Citra kepada kelompok ibu rumah tangga di Desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom yang mengikuti pelatihan ketrampilan membuat tas dan sepatu rajutan yang diselenggarakan di balai desa setempat selama 15 hari.

Menurut Nova seorang pelatih ketrampilan otodidak asal Bagor,Nganjuk ini bahwa kegiatan pelatihan ini sebagai sarana pemberdayaan perempuan dalam dunia wirausaha mandiri . ” Jenis ketrampilan ini bisa dioptimalkan dengan berbagai motif.Tidak hanya merajut tas dan sepatu saja. Tapi bisa juga membuat dompet, topi ,hiasan dinding atau rak buku,” tuturnya.

Menurut Nova menciptakan beragam motif tergantung tingkat kreatifitas dan kaya ide. ” Untuk mencari refrensi bagi peserta pemula bisa browsing atau mengunjungi kelompok pelatihan,” tambahnya.

Sementara dikatakan Kepala Desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom,Sujarwo berharap dengan kegiatan ini bisa mengurangi angka penggangguran. Dan rencananya berusaha mencari terobosan bentuk pelatihan lain dengan menggandeng balai latihan kerja (BLK) Pemkab Nganjuk.

” Khusus untuk anak putus sekolah juga perlu diberdayakan untuk menjadi generasi potensi dan bisa menjadi kebanggaan keluarga. Untuk itu perlu dilatih skill seperti pelatihan bengkel,air brush, pertukangan dan ketrampilan lain yang disediakan BLK,” tegasnya.(adi)