Kades Gabru, Hobi Koleksi Benda Bersejarah Mistis, Ini Koleksinya!!

oleh -683 views

Kediri, memo.co.id
Salah satu kepala desa dikabupaten Kediri, selain menjadi kepala desa juga senang mengoleksi benda benda bersejarah yang dipercaya memiliki khasiat tertentu.

Harjaka, adalah Kepala Desa Gabru Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri yang mempunyai koleksi benda bersejarah dan yang dipercaya mempunyai kekuatan mistis.

Ada beberapa koleksinya, yang ditunjukan kepada wartawan memo.co.id serta berkesempatan untuk melihatnya langsung dan dipamerkan juga diberi tahu nama sekaligus bentuk dari benda benda bersejarah yang memiliki nilai mistis tersendiri.

Diantaranya Keris nogososro, batu merah delima yang diwadahi tempat seperti buah yang sudah dikeringkan dan anehnya lagi bentuknya persis seperti biji delima peninggalan darmawulan, pedang suka dari peninggalan gajah mada, godo wesi kuning yang juga dipercaya peninggalan dari  gajah mada, godho minak jinggo, kol buntet sebagai tempat untuk permata yang berwarna merah yang disebut sebut sebut Nawang sari Nawang wulan.

Selain itu juga ada kain dinamai dengan Cindi, yang merupakan selembar kain yang dimasukan kedalam sorban berwarna putih mempunyai kasiat apabila disabetkan keseseorang bisa merasakan seperti dipukul benda keras.

Dan terakhir Sumping lelono, yang dipercaya bisa mendengarkan pembicaraan orang lain yang menjelek jelekan orang yang mempunyai atau menoleksi sumping lelono berbentuk seperti daun telinga manusia.

Total yang hanya diperlihatkan kepada wartawan memo.co.id hanya 12 macam seperti Merah delima 7, kol buntet 1 tapi untuk wadah empat permata yang berarti mempunyai 5 kekuatan mistis, pusaka berupa pedang dan keris, terus kain cindi, gadha dan masih banyak koleksi lainya.(jk)