Kades Demangan Renovasi Rumah Reot Nenek Renta Yang Hidup Sebatangkara

oleh

NGANJUK,MEMO.CO.ID

Rumah reot berukuran 4×6 meter yang ditempati janda lansia,Mbah Sujirah,92, yang berada di Dusun Bandaralim RT 02 RW 06 Desa Demangan Kecamatan Tanjunganom,Nganjuk akhirnya pada Rabu (7/2) hari ini berhasil direnovasi oleh pemerintah desa setempat dengan menggunakan dana swadaya masyarakat.

Sebelumnya seperti kata Moch.Arifin selaku kaur umum (modin,red) bahwa pada tahun tahun sebelumnya pihak desa sebenarnya sudah berupaya akan melakukan renovasi rumah yang ditempati Mbah Sujirah, namun selalu ditolak. Dengan alasan karena obyek tanah yang ditempatinya itu bukan miliknya alias menumpang.

” Alternatif terakhir desa akhirnya melakukan musyawarah kecil dengan materi meminta ijin persetujuan dari pemilik tanah untuk rencana renovasi rumah mbah sujirah dan hasilnya disetujui. Dengan persetujuan itu akhirnya pihak desa langsung action,” ujar Moch.Arifin.

Sementara ditegaskan Kepala Desa Demangan,Jamari kepada wartawan memo.co.id mengatakan bahwa kepedulian desa dengan kegiatan bedah rumah tidak layak huni ini memang murni kemanusiaan. Artinya tidak ada tendensi apapun. ” Yang jelas ini sudah tanggungjawab desa untuk merubah potret desa terbebas dari rumah hunian tidak layak huni. Upaya ini juga bagian dari program pengentasan kemiskinan secara berkala,” tegasnya.

Saat wartawan meminta tanggapan dari mbah Sujirah terkait niat baik desa seperti ini sempat terharu dan bangga. Katanya dengan rumah barunya ini akan lebih nyaman.Karena sudah tidak dihantui rasa was was lagi akan terjadi rumahnya roboh saat hujan deras disertai angin kencang. ” Alhamdulillah sakmeniko griyo kulo sampun kiat,” ujarnya dengan logat jawa kromo inggil.