Ferstival Ikan Kediri Kontes Koi Dan Betta Di Ikuti Peserta Dari Taiwan, Singapura, Thailand Dan Amerika

oleh

Kediri, memo.co.id

Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Kediri ke 1214 tahun 2018, Pemkab Kediri menggelar berbagai kegiatan.

Diawal kegiatan jelang memperingati HUT Kabupaten Kediri ke 1214, diawali dengan menggelar kontes ikan Kediri Koi Show dan Betta kontes.

Hari ini, Sabtu (3/3/2018) kontes ikan Koi dan Betta akan dilakukan penilaian oleh juri, yang nantinya pemenang lomba kontes akan diumumkan, Minggu (4/3/2018).

Kediri Koi show event tahunan kali ini sudah yang ke tujuh kalinya diadakan dan Bette Kontes yang kelima diadakan secara bersamaan di Konvension Hall area Simpang Lima Gumul.

Kontes tersebut akan diselenggarakan mulai selama tiga hari mulai tanggal 2 – 4 Maret 2018, selain bazar ikan yang ikut menyemarakan HUT Kabupaten Kediri yang ke 1214 tahun 2018 kali ini.

Saat dikonfirmasi Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan Festival Ikan Kediri, dulu memang ada wacana lomba internasional, karena jauh dari bandara hanya ada tol dihitung hitung terlalu lama dijalan jadi tidak jadi, “ungkap Bupati Kediri.

Masih kata Bupati Kediri, dengan diadakannya kontes ikan Koi yang ke tujuh dan Ikan Betta yang kelima ini bisa meningkatkan produksi ikan hias.

“Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan nantinya produksi ikan hias di Kabupaten Kediri bisa meningkat, “harap Bupati Kediri Hj. Haryanti Sitrisno.

Kepala Dinas Perikanan Nur Hafidz menuturkan, dalam event kali ini kontes ikan koi show diikuti sejumlah peserta dari berbagai daerah diantaranya Kediri, Tulung agung, Blitar, Palembang, Jakarta, Bekasi, Surabaya, Sukabumi.

“Peserta kontes koi show dalamm Festival Ikan Kediri diikuti peserta dengan total jumlah peserta 207 orang dengan jumlah ikan koi yang dikonteskan 300 ekor, “jelas Nur Hafidz.

Sedangkan untuk kontes ikan cupang atau Betta diikuti hingga luar negeri yaitu dari Negara Taiwan, Amerika dan juga Singapura, dan Thailand.

“Kontes ikan cupang atau Betta diikuti peserta sebanyak 220 ikan yang dilombakan, dengan jumlah peserta 65 dan dari luar negeri 7 orang, sisanya dari dalam negeri, dari luar Negeri yaitu Taiwan, USA, Singapura, Thailand, dengan cara tujuh orang menititipkan ikannya kepada kolega importir, “bebernya.

Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno memberikan apresiasi dengan datang ke lokasi untuk menyaksikan secara langsung kegiatan kontes ikan koi dan betta sekaligus meninjau stan bazar ikan.

Kegiatan festival Ikan Kediri 2018 diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya kontes Ikan Koi dan Betta, seminar, Kuliner Masakan olahan ikan, dan bursa koi klub kediri.((adv-kominfo)