DPRD Kabupaten Blitar Minta Pemkab Beri Bantuan UMKM

oleh -62 views
DPRD Kabupaten Blitar Minta Pemkab Beri Bantuan UMKM
DPRD Kabupaten Blitar Minta Pemkab Beri Bantuan UMKM

Ulfie juga menyebut, pandemi covid-19 berdampak besar bagi pelaku usaha mikro. Karena banyak pembatalan pesanan akibat PSBB, sehingga mengakibatkan pelaku usaha mikro melakukan PHK pada karyawannya.
“Kami alokasikan anggaran Rp 1,7 miliar untuk 130 UMKM karena mereka bergabung untuk menyuplai bansos dengan 46 varian produk. Produk mereka kami beli untuk membantu mereka bertahan. Bapak Bupati Rijanto memberi himbauan agar menggunakan produk-produk dari UKM Kabupaten Blitar sebagai bantuan sosial tahap satu. Untuk bantuan tahap kedua akan membeli barang dari UMKM yang lainnya” jelas Ulfie.

Kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Tavip Wiyono, dalam rapat kerja bersama Komisi II DPRD menyampaikan bahwa dampak dari Covid-19 sangat berpengaruh dilingkungan pasar rakyat. Sebagai bentuk pencegahan covid-19, pihaknya melakukan beberapa upaya diantatanya penyemprotan desinfektan, pembagian masker, handsanitizer dan telah melakukan rapid test kepada pedagang pasar di beberapa pasar di Kabupaten Blitar.

Terobosan juga dilakukan dengan meluncurkan Mak Online. Sebuah aplikasi online untuk pedagang agar tingkat penjualan tetap stabil serta mengurangi tatap muka.
“Kami dari Disperindag juga menyediakan sambel pecel dan kecap dari IKM untuk bansos. Terkait pasar rakyat yang menjadi kalster dari penyebaran Covid 19, kita sudah melakukan protokol kesehatan dan melakukan rapid test kepada pedagang pasar, ” pungkasnya.(Van)