Lagi Dibangun, Ruang Terbuka Hijau Taman Totok Kerot di Sisi Utara Kawasan SLG Kediri

oleh -187 views
Lagi Dibangun, Ruang Terbuka Hijau Taman Totok Kerot di Sisi Utara Kawasan SLG Kediri
Lagi Dibangun, Ruang Terbuka Hijau Taman Totok Kerot di Sisi Utara Kawasan SLG Kediri ( foto bagyo )

Kediri, Memo

Ada ruang terbuka hijau yakni Taman Totok Kerot yang berada di sisi utara Kawasan Simpang LIma Gumul ( SLG ) Kediri. Kini, pembangunannya mulai dikerjakan dengan alokasi dana sekitar 2 Milyar lebih. Taman terbuka hijau tersebut merupakan wisata penyangga Kawasan Monumen Simpang Lima Gumul. Komnsep taman ruang terbuka hijau adalah pengenalan sejarah dan budaya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri, Putut Agung Subekti, mengatakan bahwa Ground Breaking sudah satu bulan ini. ” Sudah, sudah mulai dikerjakan. Ground breaking sudah berlangung kurang lebih satu bulan ini,” katanya. Pemilihan tema budaha dan sejarah, tidak lepas dari kondisi obyek wisata parung totok kerot. Selama ini di lokasi yang akan dibangun Taman Totok Kerot terdapat peninggalan bernilai sejarah, yaitu patung Totok Kerot.

Menurut Putut Agung Subekti, pembangunan taman dengan luas sekitar 4.500 m4 itu , sebagai langkah Pemkab Kediri menambah ruang terbuka hijau. Selama ini, beberapa ruang terbuka hijau telah dibangun di beberapa wilayah kecamatan. Seperti Taman Ngadiluwih, Taman Kepung, beberapa taman di Kecamatan Pare, dan juga Taman di Papar yang kini dalam proses pembangunan. “Secara umum keberadaan taman tersebut bisa menambah luasan maupun jumlah RTH di Kabupaten Kediri,” jelasnya.