Desa Ngepung Masuk Daftar Desa Tertinggal Skala Nasional

oleh

NGANJUK, MEMO

Dari 284 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Nganjuk ternyata ada satu desa yang tercatat srbagai desa tertinggal berskala nasional. Desa tertinggal tersebut adalah Desa Ngepung Kecamatan Lengkong.

Sesuai surat nomor 1771/UND/D.VII/MDK.00.02/08/2018 yang dikeluarkan oleh Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan RI bahwa untuk daerah  propensi Jawa Timur ada tiga desa yang tercatat sebagai desa tertinggal skala nasional. Ketiga desa tersebut berada di tiga kabupaten. Yaitu Desa Domoyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. Di Kabupaten Blitar tepatnya di Desa Panggungduwet Kecamatan Kademangan. Dan satu lagi di Kabupaten Nganjuk di Desa Ngepung Kecamatan Lengkong.

Secara geografis , desa kecil dan terpencil yang berada di ujung utara Kabupaten Nganjuk atau perbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro tersebut adalah kawasan potensi kekeringan. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada musim kemarau seperti ini  , masyarakat setempat hanya menggandalkan bantuan air bersih dari daerah yang didroping dua hari sekali.