Cegah Stunting, Melalui Pelatihan Kerajinan Pot Serabut Kelapa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

oleh -661 views
iklan

Kediri, Memo
Saat ini stunting (baca : kerdil) menjadi isu nasional dan sangat diprioritaskan dalam penanganannya. Begitu halnya di Kabupaten Kediri, berdasarkan Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) Kementerian Kesehatan Tahun 2013 tercatat 34,8 % kasus stunting di Kabupaten Kediri.

Adapun kasus tersebut tersebar di 20 desa dan 4 diantaranya adalah di Kecamatan Ringinrejo. Pada tahun 2018 kasus stunting di Kecamatan Ringinrejo tercatat 23%.

iklan

Setelah dilakukan konsolidasi dan upaya penanganan bersama oleh pihak-pihak terkait dalam menyikapi kasus stunting tersebut, secara simultan pada bulan timbang balita di bulan Februari 2019 kasus stunting menurun menjadi 11%, kemudian dilakukan upaya kembali pada bulan Agustus 2019 kasus stunting turun menjadi 10% dari 4212 balita di Kecamatan Ringinrejo.

Upaya pencegahan dan penanggulangan stunting terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah setempat, salah satunya dilakukan oleh Pemerintah Desa Batuaji Kecamatan Ringinrejo, dengan menggelar pelatihan kerajinan pot berbahan limbah serat atau sabut kelapa. Pelatihan ini menyasar ibu hamil dan menyusui yang bekerja sama dengan kelompok belajar Riung Saloka.

Pelatihan ini erat hubungannya dengan pencegahan kasus stunting karena diantara penyebab kasus stunting adalah kurangnya asupan gizi bagi ibu hamil atau menyusui yang disebabkan ketidakpahaman soal asupan gizi dan faktor ekonomi. Penyebab lain adalah kurangnya aktivitas ibu dimasa kehamilan sehingga mempengaruhi kesehatan janin dan memicu timbulnya kasus stunting.

iklan
iklan