Camat Ngasem Kediri Kumpulkan Petani Bahas Irigasi di Musim Kemarau

oleh -388 views
Camat Ngasem Kumpulkan Petani Bahas Irigasi di Musim Kemarau
Camat Ngasem Kumpulkan Petani Bahas Irigasi di Musim Kemarau

Kediri, Memo

Camat Ngasem Kumpulkan Petani Bahas Irigasi di Musim Kemarau. Air merupakan sumber kebutuhan utama bagi makhluk hidup. Begitu juga pada tanaman, jika kondisi air normal, akan menjadi sahabat bagi para petani untuk mengairi sawahnya.

Saat musim kemarau seperti ini, debit air untuk irigasi secara otomatis akan turun. Agar kebutuhan air tersebut tetap berjalan, berbagai upaya akan dilakukan, seperti yang dilakukan oleh Camat Ngasem Ir. Ary Budianto.

Bersama PPL (petugas penyuluh lapangan) setempat, Camat Ary melaksanakan kegiatan temu petani (27/8). Selain itu juga dimonitoring seberapa besar pengaruh musim kemarau terhadap pertanian di Kecamatan Ngasem, khususnya di Desa paron.

Camat Ngasem bersama PPL mengajak diskusi dan menyerap aspirasi para petani di musim kemarau ini. Selain masalah air, juga dibahas pembasmian hama tikus yang setiap tahun menghantui petani.

“Sudah ada solusi untuk hama tikus, yaitu dengan membangun rumah burung hantu. Tinggal mengisi burungnya, nanti kita akan menjembatani antara petani dengan dinas terkait, agar burung hantu pembasmi hama tikus segera diberikan,” terang Ir. Ary Budianto.

“Terkait musim kemarau yang cukup panjang ini, kami melakukan peninjauan langsung kepada petani, khususnya di wilayah Kecamatan Ngasem. Kegiatan ini untuk melihat seberapa pengaruhnya bagi para petani,” lanjutnya.