Begini, Komentar Bank Indonesia Dengan Penangkapan Pengedar Upal Di Kediri

oleh -1.581 views

Kediri, memo.co.id

Terungkapnya pengedar Uang Palsu (Upal) di wilayah Kediri, Bank Indonesia melakukan berbagai himbuan dan sosialisasi ke masyarakat.

Saat ditemui dikantornya, Benny Wicaksono, selaku Kepala Sistem Pembayaran wilayah X Karesidenan Kediri dan Madiun, menjelaskan, dengan pengungkapan peredaran Uang Palsu (Upal), diawali dari kandangan seorang ibu menjual kambing.

“Dari pengungkapan pengedar Uang palsu di wilayah hukum Polres Kediri, pertama kita (pihak BI, red), diminta oleh Polres klarifikasi untuk uang ini asli atau tidak asli, karena sesuai dari kewenangan kita, ternyata semua uang tidak asli, “jelas Benny Wicaksono, Selasa (27/3/2018).

Dari kriteria Upal itu sendiri, yang paling gampang, sisi pertama bahan yang dibuat dari kertas percetakan, alat alat pengamanan yang ada di uang, fitur fitur, serta kuwalitas kemiripan jauh beda dengan yang aslinya.

“Masyarakat lebih gampang untuk membedakan asli atau tidaknya uang tersebut, apabila ditrawang kelihatan ada benang pengaman kelihatan putus putus, tapi kalau yang asli ditrawang kelihatan lurus, tapi untuk yang palsu tetep putus benang pengamannya, “ungkapnya.